Ini Tips Pola Makanan Sehat agar Fisik Kuat a la Shin Tae-yong

Pelatih timnas Indonesia asal Korea Selatan Shin Tae-yong pernah dipuji atas keberhasilan menempa para pemain sehingga memiliki fisik kuat. Tentu kita juga hendak tahu bagaimana tips pola makanan sehat arahan Shin Tae-yong untuk memiliki fisik yang kuat.

Menurut Tae-yong, makanan merupakan musuh dalam selimut yang bisa membuat fisik pemain menjadi lemas dan tidak kuat bermain dalam dua babak atau lebih.

Tips Pola Makanan Sehat agar Fisik Kuat

Soal makan, menurut Shin Tae-yong, pemain Indonesia umumnya suka makanan gorengan, tapi mereka kurang mengonsumsi makanan berprotein tinggi dan lebih banyak makan makanan yang tinggi karbohidrat sehingga gampang membuat fisik mereka menjadi lemah.

Ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menjadikan fisik kuat secara alami. Salah satunya adalah dengan mengatur pola makan.

- Advertisement -

Daripada harus menanggung berbagai masalah kesehatan akibat penggunaan obat penambah stamina, lebih baik mulailah mengatur pola makan sehat agar stamina Anda tetap prima.

Beberapa cara mengatur pola makan agar fisik tetap kuat adalah:

1. Jangan lewatkan sarapan

Memulai aktivitas tentu membutuhkan energi. Nah, energi ini diperolah dari sarapan Anda setiap pagi. Jika Anda melewatkan sarapan, otomatis tubuh Anda tidak memiliki cukup energi dan stamina.

Agar Anda tetap berenergi saat menjalani aktivitas, sebaiknya jangan lupakan sarapan di pagi hari. Beberapa menu sarapan penambah energi yang bisa Anda coba adalah bubur, telur dadar, bubur, roti, atau oatmeal.

2. Mengonsumsi karbohidrat

Karbohidrat terbaik untuk menambah stamina dan energi Anda adalah karbohidrat kompleks.

Karbohidrat jenis ini memiliki rantai gula yang lebih panjang, sehingga membutuhkan waktu cukup lama untuk dicerna.

Alhasil, Anda pun akan merasa berstamina dan berenergi lebih lama. Makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks antara lain kacang-kacangan, biji-bijian, buah, dan sayuran.

BACA JUGA  Ayu Ting Ting Opname Gegara Tifus, Pijat Akupresur di Titik Akupuntur Bisa Membantu?

3. Makan secara teratur

Dengan makan secara teratur setiap hari, tubuh akan terbiasa menerima makanan di jam yang sama. Hal ini dapat membantu tubuh Anda untuk mempertahankan energy di sela waktu makan.

Biasakan makan 3 kali sehari, diselingi 2 kali makan makanan selingan. Pilih makanan yang sehat, misalnya yang termasuk ke dalam makanan fungsional. Selain itu, batasi makanan selingan yang tinggi gula dan lemak.

4. Penuhi kebutuhan zat besi

Kekurangan zat besi dapat membuat Anda merasa lelah, bahkan bisa sampai pingsan. Agar stamina tetap prima, penuhi kebutuhan zat besi Anda dengan mengonsumsi daging merah, sayuran hijau, hati sapi, hati ayam, atau kerang dalam jumlah yang cukup.

5. Perhatikan asupan cairan

Kekurangan cairan atau dehidrasi dapat menjadi salah satu penyebab stamina Anda menurun.

Agar stamina tetap terjaga, penuhilah asupan cairan tubuh dengan minum air putih sebanyak 8-10 gelas per hari.

6. Batasi makanan yang mengandung gula

Gula memang dapat berubah menjadi energi di dalam tubuh. Sayangnya, energi dan stamina yang dihasilkan dari gula tidak bisa bertahan lama. Tubuh Anda pun akan cepat memerlukan asupan energi lagi dalam waktu singkat.

Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi gula juga bisa membuat Anda cepat gemuk. Oleh karena itu, batasi konsumsi gula dan makanan-makanan yang mengandung banyak gula, seperti kue, permen, dan cokelat.

Demikian tips pola makanan sehat arahan Shin Tae-yong agar memiliki fisik kuat. Selain menerapkan pola makan sehat, Anda juga butuh istirahat yang cukup dan olahraga secara rutin untuk mendapat fisik yang kuat.

Shin Tae-yong tengah ramai dibincangkan di jagat maya. Pasalnya dia hendak meninggalkan kursi kepelatihan Timnas Indonesia jika Ketum PSSI, Mochamad Iriawan mundur.

BACA JUGA  Tak Cuma Enak, Hidangan a la Amerika Latin ini Bisa Sehatkan Jantung

Jika Shin Tae-yong pergi jelas akan menjadi kerugian yang amat besar untuk skuad Garuda karena ia sudah melatih tim tersebut dengan baik. [AB]

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...