Inilah 3 Aspek Pentingnya TCM Atasi Virus Corona

Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah memberikan kontribusi yang sangat besar dalam mengatasi virus COVID-19 terutama di negara China. Saat pemerintah setempat mulai beralih dari mencegah infeksi menjadi melindungi kesehatan masyarakat dan mencegah kasus yang parah, khasiat dari TCM semakin dimanfaatkan oleh otoritas kesehatan untuk melindungi kehidupan dan kesehatan masyarakat.

Pada tanggal 5 Januari, pemerintah China bahkan telah mengeluarkan diagnosis dan pengobatan untuk COVID-19 versi ke-10 yang sepenuhnya mewakili pengalaman berharga menggunakan TCM dalam pengobatan kasus yang parah dan kritis. Protokol baru tersebut memperkenalkan perawatan TCM untuk mengatasi kasus yang parah, dan mengedepankan solusi TCM untuk anak-anak.

Pemerintah setempat juga mulai mengembangkan rencana untuk mengobati masalah COVID-19 dengan mengombinasikan penggunaan TCM dan pengobatan Barat untuk pasien yang parah dan kritis. Terdapat tiga aspek pentingnya TCM dalam melawan virus corona, apa saja? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Intervensi dapat dikelompokkan untuk pasien

Menurut Huang Luqi, wakil kepala Administrasi Nasional Pengobatan Tradisional Tiongkok, dilansir dari laman CGTN, pasien bisa memilih terapi tradisional Tiongkok (TCM) yang tepat untuk perawatan di rumah guna mengurangi risiko kelebihan beban dan tekanan pada institusi dan sumber daya medis.

Ini merupakan solusi yang bijak, karena bisa mengurangi risiko infeksi dan juga menghemat sumber daya medis untuk pasien yang memerlukan perawatan lebih serius.

2. Pasien dengan gejala ringan dan biasa bisa bergantung pada TCM sebagai pengobatan utama

Masih menurut sumber yang sama, TCM dinilai layak untuk menjadi pilihan pengobatan yang efektif bagi pasien dengan gejala ringan, seperti pilek atau flu. Ini dapat membantu pasien untuk mengatasi gejala tanpa harus mengonsumsi obat-obatan yang dapat menyebabkan efek samping.

BACA JUGA  Selain Pemulihan Pasca Stroke, Ini 5 Manfaat Musik untuk Terapi Penyembuhan

3. TCM berperan dalam pemulihan

Setelah asam nukleat menjadi negatif, banyak pasien masih mengalami batuk, kelelahan, berkeringat dan gejala lainnya. Dalam kondisi tersebut, TCM bisa mengobati gejala yang ada dan mengembalikan fungsi tubuh setelah diserang penyakit menjadi seperti semula. Hal ini penting untuk dilakukan karena gejala yang tersisa setelah virus diatasi bisa mempengaruhi kualitas hidup pasien dan proses pemulihan yang lebih lama.

Aspek-aspek tersebut menunjukkan bahwa penerapan terapi tradisional Tiongkok (TCM) dapat memberikan manfaat yang besar terutama di daerah pedesaan. TCM bisa menjadi pilihan yang efektif karena dapat diakses dengan mudah dan biayanya yang lebih rendah dibandingkan dengan pengobatan modern.

Di daerah pedesaan, TCM juga bisa digunakan sebagai pilihan pengobatan utama bagi pasien yang tidak dapat mengakses perawatan medis yang lebih canggih. Hal ini penting karena dapat membantu mengurangi angka kematian yang disebabkan oleh penyakit akibat COVID-19 yang tidak terdiagnosis dan tidak terawat dengan baik.

Secara keseluruhan, terapi tradisional Tiongkok (TCM) dapat menjadi pilihan pengobatan yang efektif bagi masyarakat di daerah pedesaan. Ini dapat membantu meningkatkan kualitas hidup pasien dan mengurangi risiko komplikasi. Oleh karena itu, dukungan dan aksesibilitas TCM di daerah-daerah tersebut harus terus ditingkatkan.

 

TERBARU

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya,...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di paru-paru membesar dan terinfeksi secara terus-menerus. Ini menyebabkan pembentukan dahak yang sulit untuk dikeluarkan dan...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya, gegara disebut dalam film The Last of Us sebagai penyebab manusia jadi zombie. Apakah cerita...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah alami yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Rempah-rempah ini lebih baik digunakan daripada produk...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan komplementer untuk mengatasi gejala dan efek samping dari perawatan kanker. Pengobatan alternatif biasanya tidak diberikan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala dan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Berikut ini pemaparan dari...