Inilah Fakta Pengobatan Tradisional Untuk Obati Penyakit

Cara pengobatan tradisional diklaim sebagai cara yang aman untuk obati penyakit. Inilah fakta pengobatan tradisional yang biasa digunakan oleh sebagian besar masyarakat dibandingkan dengan penggunaan obat medis.

Inilah Fakta Pengobatan Tradisional Yang Digunakan Masyarakat

Obat-obatan medis biasa dijadikan pilihan yang dirasa aman saat berobat ke dokter. Padahal ada cara lain untuk menyembuhkan penyakit selain menggunakan obat medis yang diresepkan dokter.

Obat tradisional atau cara tradisional biasanya sudah digunakan sejak dulu kala. Manfaat dari obat tradisional ini juga diklaim lebih memiliki resiko rendah akan efek samping dan mudah didapat.

Oleh karena itu, sebagian besar masyarakat lebih memercayakan menggunakan obat turun temurun yang diklaim dapat atasi masalah penyakit yang sedang diderita dibandingkan menggunakan obat medis.

Lalu, apakah pengobatan tradisional tersebut sudah dibuktikan secara klinis menurut sains dan medis? Di bawah ini merupakan fakta dari 3 cara pengobatan tradisional yang biasa digunakan oleh masyarakat, yaitu:

– Kerokan

Pengobatan tradisional ini umum dijumpai di negara Asia, yang membedakan hanya alat yang digunakan. Di Indonesia sendiri kerokan memanfaatkan uang logam, namun di beberapa negara bisa menggunakan alat yang dibuat senyaman mungkin yang berasal dari kayu, batu kerik maupun alat lain.

Menurut medis, cara pengobatan ini memang bisa digunakan untuk redakan penyakit, namun tidak semua orang bisa menggunakannya karena dapat beresiko menimbulkan luka bagi orang tertentu.

– Terapi batu giok

Jade rolling, metode pemijatan dan terapi lain yang biasa menggunakan batu giok sebagai alat pengobatan. Walaupun terapi ini sudah dipercaya dapat mengobati berbagai macam penyakit, menurut jurnal medis terapi ini belum mendapatkan hasil yang akurat untuk mendukung keefektifan terapi batu giok ini.

BACA JUGA  Bagaimana Akupuntur Bisa Sembuhkan Hipertiroid seperti Diidap Aktor Ini?

– Moksibusi

Terapi ini sudah banyak digunakan di Cina, Korea dan beberapa negara lainnya. Bahan yang digunakan memanfaatkan daun Arthemisia vulgaris yang digunakan untuk merangsang titik akupuntur di tubuh.

Namun, menurut medis terapi ini memiliki efek samping yakni luka bakar serius dan belum ada data pendukung terkait keefektifan terapi ini. Bahkan, terapi ini tidak diakui sebagai metode penyembuh di dunia medis terutama medis barat.

Ketiga cara dan fakta pengobatan tradisional di atas biasa digunakan oleh masyarakat umum dan diklaim dapat menyembuhkan penyakit di tubuh. Cara ini pun sudah digunakan sejak lama, namun banyak orang mengatakan hasilnya bisa menyembuhkan. Jadi, efektifkah cara di atas?

TERBARU

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya,...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Kisah Dokter Paru Atasi Bronkiektasis Dengan Akupuntur Laser

Bronkiektasis adalah kondisi kronis yang menyebabkan saluran udara di paru-paru membesar dan terinfeksi secara terus-menerus. Ini menyebabkan pembentukan dahak yang sulit untuk dikeluarkan dan...

Trending sebagai Penyebab Zombie di Film, Ternyata ini Manfaat Jamur Cordyceps buat Kesehatan

Baru-baru ini jamur Cordyceps menjadi trending di jagat maya, gegara disebut dalam film The Last of Us sebagai penyebab manusia jadi zombie. Apakah cerita...

Seminar Zoom PIKTI: Integrative Care for Post Stroke

Seminar untuk umum via Zoom Meeting 📍 Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah alami yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Rempah-rempah ini lebih baik digunakan daripada produk...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan komplementer untuk mengatasi gejala dan efek samping dari perawatan kanker. Pengobatan alternatif biasanya tidak diberikan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala dan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Berikut ini pemaparan dari...