Isu Pelayanan Kesehatan Akan Dikenai Pajak

Di tengah panasnya perdebatan tentang masalah sembako yang akan dikenai pajak, kini muncul isu pelayanan kesehatan yang akan dikenai pajak pertambahan nilai (PPN) hal ini tentu saja memicu pro dan kontra.

Isu Pelayanan Kesehatan Yang Dikenai Pajak

Di masa pandemi ini, keuangan negara ikut merosot dan begitupula dengan masyarakat. Banyak perusahaan dan jasa yang mengalami kerugian karena efek pandemi yang telah menyerang Indonesia sejak 2020 lalu.

Di tengah peliknya keadaan negara, masyarakat dihebohkan dengan sebuah isu yang mengatakan bahwa sembako dan sektor pendidikan akan dikenai pajak. Belum selesai soal sembako, kini layanan kesehatan juga akan ikut dikenai pajak.

Masyarakat banyak yang menuai kontra dari isu tersebut karena mengingat kondisi keuangan yang sulit di kala pandemi ini. Yustinus Prastowo, yang merupakan stafsus Menteri Keuangan Sri Mulyani mulai angkat bicara.

- Advertisement -

Hal ini disampaikan Yustinus di akun twitter pribadinya yang mengungkapkan pandangannya terkait isu tersebut. Ia mengatakan bahwa info tersebut diklaim tidak akurat.

Pemerintah tidak terpikirkan untuk memajaki barang atau jasa yang dipakai oleh masyarakat. Ia juga mengatakan bahwa isu tentang layanan panti jompo dan panti asuhan yang akan dikenai pajak adalah berita hoax.

Menurut isu yang beredar, layanan kesehatan akan dikenai pajak berdasarkan draft perubahan kelima UU no 6 tahun 1983 tentang KUP. Jasa pelayanan medis tersebut diantaranya dokter spesialis, dokter gigi dan dokter umum.

Dan jasa ahli kesehatan seperti ahli gizi, ahli akupuntur, ahli fisioterapi dan ahli gigi, termasuk juga dokter hewan. Jasa kebidanan dan dukun bayi serta jasa pengobatan alternatif juga termasuk dalam layanan kesehatan.

Berdasarkan postingan dari Yustinus Prastowo, kabar yang beredar tentang layanan kesehatan yang akan dikenai pajak disebut sebagai berita yang tidak jelas dan tidak terbukti kebenarannya.

BACA JUGA  Kemenkes Usulkan Tindakan Lukai Diri Sendiri Bisa Ditanggung BPJS Kesehatan

Di masa pandemi ini, ekonomi negara dan masyarakat sedang krisis dan memberikan pajak pada layanan kesehatan dan sembako adalah hal yang bisa merugikan masyarakat.

Karena, rakyat sudah cukup menderita dengan wabah corona yang mengakibatkan keterbatasan mereka untuk bekerja di luar. Terlebih lagi jika rakyat terpaksa bekerja di luar di tengah pandemi covid yang meningkat.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...