Jangan Gegabah, Suplemen ini Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Obat

Suplemen adalah produk nutrisi tambahan yang sering dikonsumsi oleh orang untuk meningkatkan kesehatan dan membantu mengatasi masalah kesehatan tertentu. Meskipun suplemen dapat memberikan manfaat, ada juga risiko berbahaya bagi kesehatan jika tidak dikonsumsi dengan benar. Beberapa bahan dalam suplemen dapat mempengaruhi hasil tes laboratorium atau menyebabkan efek negatif.

Interaksi antara suplemen dan obat adalah salah satu risiko yang paling penting yang harus dipertimbangkan. Beberapa suplemen dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, mempengaruhi efektivitas obat atau memperburuk kondisi kesehatan. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen, penting untuk berbicara dengan dokter atau profesional kesehatan untuk memastikan bahwa suplemen yang dipilih aman untuk digunakan dan tidak akan mempengaruhi kondisi kesehatan yang sedang dialami.

Melansir laman Tempo, berikut ini adalah empat suplemen yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan obat karena menyebabkan efek samping berbahaya:

1. Suplemen Ashwagandha

Ashwagandha adalah bahan herbal yang banyak digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan pengobatan Ayurvedic. Namun, minum ashwagandha bersamaan dengan obat anti-diabetes dapat meningkatkan risiko hipoglikemia atau gula darah rendah.

- Advertisement -

Melansir laman Halodoc, beberapa bukti terbatas menunjukkan bahwa ashwagandha mungkin berkontribusi dalam menurunkan tingkat gula darah melalui peningkatan produksi insulin dan kemampuan sel dalam mengabsorpsi gula dari aliran darah.

2. Suplemen Seng

Seng adalah mineral yang memiliki banyak peran penting dalam tubuh, seperti proses penciptaan sistem kekebalan, pembuatan protein, dan penyembuhan luka. Namun, suplemen seng dapat berinteraksi dengan banyak obat, seperti antibiotik dan penisilin, dan mempengaruhi efektivitas obat.

3. Suplemen Melatonin

Melatonin adalah hormon yang diproduksi otak saat sedang tidur. Suplemen melatonin sering dikonsumsi untuk mengatasi gangguan tidur. Namun, mengonsumsi melatonin bersamaan dengan obat antikonvulsan dapat mengurangi efektivitas obat dan memperburuk kondisi kesehatan.

BACA JUGA  Lima Obat Herbal Ini Ampuh Menurunkan Darah Tinggi

4. Suplemen St. John Wort

St. John Wort adalah tanaman yang digunakan untuk membantu kondisi kesehatan mental, seperti depresi. Namun, mengonsumsi St. John Wort bersama obat-obatan tertentu, seperti digoxin, oxycodone, warfarin, dan pil KB bisa memberikan risiko bahaya. Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa suplemen St. John Wort dapat mempengaruhi cara tubuh menyerap, menyimpan, dan memetabolisme obat-obatan tertentu.

Suplemen dapat menjadi alternatif bagi mereka yang ingin memenuhi kebutuhan nutrisi dan membantu kondisi kesehatan tertentu. Namun, sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen, pastikan bahwa suplemen tersebut aman dan tidak memiliki risiko berbahaya.

Selain itu, sebaiknya tidak mengonsumsi suplemen bersamaan dengan obat-obatan tertentu. Pastikan untuk membaca label dan informasi produk sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen. Konsultasi dengan dokter atau ahli gizi sangat dianjurkan untuk memastikan bahwa suplemen yang diambil benar-benar aman dan sesuai dengan kebutuhan kesehatan.

 

 

 

 

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...