Begitu banyak manfaat yang dihasilkan saat seseorang melakukan terapi akupuntur ini, tidak hanya itu jenis akupuntur pun bermacam-macam. Pengobatan tradisional Tiongkok ini sudah di kenal oleh setiap orang dan dunia, bahkan pengobatan tradisional ini pun sudah terdaftar di rumah sakit dan mengalami perkembangan.

DIDUKUNG OLEH:

Jenis Akupuntur

Terdapat beberapa jenis dari pengobatan tradisional akupuntur, di antaranya:

1. Akupuntur Tubuh

Akupuntur ini merupakan akupuntur yang paling umum. Dalam terapi akupuntur ini, alat yang digunakan hanyalah sebuah jarum baja yang sangat halus yang dimasukkan ke beberapa titik akupuntur yang ada di tubuh. Jarum yang digunakan sangat halus dan merangsang titik-titik akupuntur yang harus dirangsang.

2. Akupuntur Elektro

Jenis akupuntur ini dilakukan bersamaan dengan akupuntur tubuh. Akupuntur elektro terhubung dengan bagian atas jarum yang digunakan saat terapi, lalu jarum tersebut distimulasi dengan arus listrik. Namun, jenis akupuntur ini tidak cocok bagi semua pasien.

3. Akupuntur Aurikularis

Saat melakukan terapi akupuntur ini berpusat hanya di telinga saja, sehingga jarum yang ditusukkan hanya di sekitar area telinga. Mengapa demikian? Karena menurut kepercayaan Tiongkok, area telinga dapat mewakili semua titik yang ada di area tubuh.

4. Akupresur

Ciri khas dari akupuntur ini adalah teknik memijat. Ahli terapi akupuntur akan memijat di titik-titik tertentu yang ada di tubuh untuk mengobati si pasien.

5. Akupuntur dan Moksibusi

Jenis akupuntur ini melibatkan ramuan khusus yang dibubuhkan di atas jarum akupuntur, efek ramuan ini adalah memberikan efek hangat.

6. Akupuntur dan Heat Treatment

Jarum yang akan digunakan terlebih dahulu dipanaskan dan setelah panas timbul, letakkan jarum tersebut ke titik-titik akupuntur yang dibutuhkan.

7. Akupuntur dan Bekam

Akupuntur ini melibatkan sebuah gelas bambu yang digunakan bersamaan dengan akupuntur. Gelas tersebut dipanaskan terlebih dahulu, lalu setelah itu langsung ditempatkan di titik tertentu yang diinginkan.

Beragam Penyakit yang Bisa Di atasi Oleh Akupuntur

a. Nyeri sendi
b. Gangguan pada lambung
c. Insomnia
d. Hipertensi
e. Sakit kepala atau migrain
f. Obesitas

Itulah beberapa jenis akupuntur dan penyakit yang bisa di atasi oleh metode pengobatan tersebut. Jika Anda tertarik untuk melakukan terapi ini, Anda bisa langsung datang ke klinik akupuntur terdekat untuk mendapatkan terapi yang lebih optimal.