Jenis Praktik Pengobatan Tradisional Cina Yang Ampuh

Jenis praktik pengobatan tradisional Cina tidak hanya satu, ada beberapa jenis yang termasuk dalam pengobatan tradisional asal negeri tirai bambu ini. Berikut beberapa jenis pengobatan tradisional Cina yang ampuh untuk atasi penyakit.

Jenis Praktik Pengobatan Tradisional Cina Ampuh

Pengobatan tradisional asal Cina didasari oleh tradisi yang telah ada ribuan tahun lalu. Landasan dari pengobatan ini adalah masalah kesehatan disebabkan karena adanya gangguan pada energi yang ada di dalam tubuh.

Qi atau energi tersebut mengalir melalui jalur yang ada di tubuh atau disebut dengan jalur meridian. Meridian ini berhubungan dengan berbagai organ yang ada di tubuh.

Walaupun pengobatan Cina memiliki keunikan dalam terapinya, namun pengobatan ini sangat ampuh untuk mengobati penyakit. Berikut ini jenis pengobatan tradisional Cina yang unik dan juga ampuh:

- Advertisement -

– Akupuntur

Terapi ini sudah dikenal oleh masyarakat luas di berbagai belahan dunia. Terapi ini sudah ada sejak ribuan tahun lalu dan uniknya alat yang digunakan untuk menstimulasi titik akupuntur ini menggunakan jarum kecil dan tipis yang ditusukkan pada tubuh.

– Moksibusi

Pengobatan tradisional ini melibatkan ramuan herbal atau mugwort yang dibakar di atas titik akupuntur. Panas yang keluar dari terapi ini dianggap ampuh untuk mengobati penyakit yang ada di tubuh.

– Bekam

Keunikan dari terapi ini adalah alat yang digunakan saat terapi yang berbentuk seperti cawan. Cawan tersebut digunakan seperti vakum yang bisa menyedot darah kotor keluar dari dalam tubuh dan biasanya area yang dibekam akan berbekas seperti memar yang akan hilang dengan sendirinya.

– Auriculotherapy

Pengobatan ini melibatkan akupuntur dan akupresur dalam merangsang titik yang ada di telinga untuk atasi berbagai macam masalah kesehatan.

BACA JUGA  Tips ini Dianggap Bisa Sembuhkan Ambeien, Mitos atau Fakta?

– Gua Sha

Gua sha adalah teknik pengobatan yang menggunakan tekanan atau kulit yang digesek dengan objek atau biasa dikenal dengan kerokan.

– Qi Gong

Pengobatan ini merupakan paduan dari latihan dan meditasi menggunakan teknik pernafasan, pijat diri, fokus, gerakan, postur dan suara.

– Obat tradisional

Obat tradisional asal Cina sudah terkenal manjur dan memiliki rasa yang tidak enak tentunya. Biasanya obat ini menggunakan bahan herbal sehingga aman untuk dikonsumsi.

Jenis praktik pengobatan tradisional yang sudah disebutkan di atas memiliki keampuhan yang sudah terkenal di berbagai lapisan masyarakat. Tentu saja pengobatan tradisional juga terbilang cukup aman untuk dilakukan dengan ahlinya.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...