Jenis TCM yang Dinilai Sama Padahal Berbeda

Jika membahas TCM, ada dua jenis TCM yang dinilai sama padahal nyatanya dua jenis pengobatan ini berbeda. Dilihat dari namanya sekilas sama, namun pada praktiknya terapi ini sangat berbeda. Terapi apakah itu?

Ungkap Jenis TCM yang Dinilai Sama

Membahas TCM atau pengobatan tradisional Cina tak akan ada habisnya karena TCM banyak membantu manusia mengobati penyakit yang diderita. TCM juga memiliki beragam jenis pengobatan yang unik.

Dua jenis TCM ada yang dikatakan sama padahal keduanya jelas berbeda jauh. Terapi yang kerap dianggap sama adalah akupuntur dan akupresur. Dilihat dari namanya sekilas sama, tapi praktiknya berbeda.

Yang pertama adalah akupuntur, terapi ini sudah ada di Cina sejak lama dan sampai saat ini masih digunakan masyarakat dan bahkan mengalami perkembangan. Terapi akupuntur identik dengan jarum.

- Advertisement -

Mengapa jarum? Karena akupuntur menggunakan cara pengobatan dengan menusukkan jarum ke area tubuh tertentu. Jadi, terapi tusuk jarum atau apapun yang disebut terapi jarum, itu sudah pasti akupuntur.

Berbeda dengan akupresur, terapi ini merupakan terapi pijat dan tekan yang sama-sama berasal dari Cina. Akupresur juga sudah ada sejak lama dan biasanya manfaat yang didapat hampir sama dengan akupuntur.

Meskipun akupuntur dan akupresur berbeda, keduanya masih memiliki kesamaan, yakni akupuntur dan akupresur sama-sama memegang prinsip yang sama, yaitu merangsang area tertentu untuk melancarkan chi.

Keduanya sama=sama memegang prinsip keseimbangan, yang mana kalau chi atau qi dalam tubuh tidak seimbang, maka berbagai macam jenis penyakit akan menyerang tubuh. Oleh karena itu, chi atau qi harus seimbang.

Akupuntur dan akupresur bisa menjadi alternatif pilihan bagi orang yang ingin mengobati penyakit tanpa perlu bergantung dengan obat. Untuk yang ingin mencoba akupuntur namun takut dengan jarum, Anda bisa mencoba akupresur.

BACA JUGA  3 Makanan ini Bisa Dijadikan Alternatif Cara Memutihkan Wajah

Karena, dalam praktiknya akupresur sama sekali tidak menggunakan alat apapun. Hanya menggunakan olesan krim untuk membantu pijatan dan tekanan agar lebih lancar dan tak menimbulkan bekas luka.

Jika Anda tertarik menggunakan dua jenis terapi ini, Anda bisa datang ke klinik akupuntur atau akupresur yang ada di daerah Anda dengan catatan menggunkan jasa terapis terpercaya. Namun, biasanya untuk akupresur bisa dilakukan sendiri.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...