Jenis Traditional Chinese Medicine Untuk Atasi Penyakit

Jenis Traditional Chinese Medicine beragam dan banyak orang yang menyarankan melakukan jenis pengobatan ini jika tidak ingin ketergantungan dengan obat. Jenis pengobatan apa sajakah itu?

Jenis Traditional Chinese Medicine

Pengobatan medis memang sudah biasa digunakan oleh masyarakat pada umumnya, namun pernahkah Anda mencoba TCM? TCM merupakan pengobatan tradisional asal Cina yang diklaim aman dan bisa menghilangkan ketergantungan pada obat.

Selain aman, pengobatan ini diklaim lebih efektif menyembuhkan dibanding hanya menggunakan pengobatan pada umumnya. Lalu, jenis TCM apa saja yang layak dicoba dan aman dilakukan?

1. Moksibusi

Metode pengobatan ini digunakan dengan bantuan mugwort atau tanaman herbal yang dibakar dan digulung, lalu ditempelkan pada titik akupuntur yang ada di permukaan kulit.

- Advertisement -

2. Akupuntur

Pengobatan ini sudah dikenal oleh masyarakat dan sudah banyak yang menggunakannya. Metode ini menggunakan jarum tipis yang tidak melukai kulit untuk menstimulasi titik akupuntur.

3. Bekam

Metode pengobatan ini juga sudah banyak digunakan oleh masyarakat, terutama Indonesia. Bekam menggunakan sebuah kop atau cangkir kecil yang bertugas untuk menarik racun keluar.

4. Tui Na

Disebut juga akupresur atau sebuah metode pengobatan dengan melakukan pijatan pada area titik akupuntur. Pijatan ini hanya menggunakan tekanan jari dan kekuatan tangan.

5. Auriculotherapy

Metode ini menggunakan titik di luar bagian telinga yang berhubungan dengan organ. Area ini bisa distimulasi dengan jari, biji-bijian yang ditempel maupun magnet kecil.

6. Tai Chi

Salah satu jenis bela diri Tiongkok yang juga berguna untuk kesehatan. Berupa serangkaian gerak meditasi yang bisa meningkatkan kesehatan rohani dan jasmani.

Selain ke-6 jenis pengobatan tersebut, obat herbal asal Cina juga diklaim ampuh untuk mengatasi penyakit pada manusia. Umumnya bahan herbal yang digunakan berupa biji, akar, batang, bunga dan daun dari sebuah tanaman.

BACA JUGA  3 Pilihan Obat Jerawat Terbaik yang Ada Di Apotek

Ginseng merupakan bahan yang sering digunakan dalam ramuan herbal Cina, selain itu ada juga jahe, kulit kayu manis, rhubarb dan licorice yang digunakan sebagai bahan obat herbal.

Cara mengkonsumsinya pun mudah, bisa berupa sebuah minuman, berbentuk kapsul, teh ataupun bubuk. Semuanya tergantung selera untuk mengkonsumsi bahan herbal ini.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...