Jenis Traditional Chinese Medicine beragam dan banyak orang yang menyarankan melakukan jenis pengobatan ini jika tidak ingin ketergantungan dengan obat. Jenis pengobatan apa sajakah itu?

Jenis Traditional Chinese Medicine

Pengobatan medis memang sudah biasa digunakan oleh masyarakat pada umumnya, namun pernahkah Anda mencoba TCM? TCM merupakan pengobatan tradisional asal Cina yang diklaim aman dan bisa menghilangkan ketergantungan pada obat.

Selain aman, pengobatan ini diklaim lebih efektif menyembuhkan dibanding hanya menggunakan pengobatan pada umumnya. Lalu, jenis TCM apa saja yang layak dicoba dan aman dilakukan?

DIDUKUNG OLEH:

1. Moksibusi

Metode pengobatan ini digunakan dengan bantuan mugwort atau tanaman herbal yang dibakar dan digulung, lalu ditempelkan pada titik akupuntur yang ada di permukaan kulit.

2. Akupuntur

Pengobatan ini sudah dikenal oleh masyarakat dan sudah banyak yang menggunakannya. Metode ini menggunakan jarum tipis yang tidak melukai kulit untuk menstimulasi titik akupuntur.

3. Bekam

Metode pengobatan ini juga sudah banyak digunakan oleh masyarakat, terutama Indonesia. Bekam menggunakan sebuah kop atau cangkir kecil yang bertugas untuk menarik racun keluar.

4. Tui Na

Disebut juga akupresur atau sebuah metode pengobatan dengan melakukan pijatan pada area titik akupuntur. Pijatan ini hanya menggunakan tekanan jari dan kekuatan tangan.

5. Auriculotherapy

Metode ini menggunakan titik di luar bagian telinga yang berhubungan dengan organ. Area ini bisa distimulasi dengan jari, biji-bijian yang ditempel maupun magnet kecil.

6. Tai Chi

Salah satu jenis bela diri Tiongkok yang juga berguna untuk kesehatan. Berupa serangkaian gerak meditasi yang bisa meningkatkan kesehatan rohani dan jasmani.

Selain ke-6 jenis pengobatan tersebut, obat herbal asal Cina juga diklaim ampuh untuk mengatasi penyakit pada manusia. Umumnya bahan herbal yang digunakan berupa biji, akar, batang, bunga dan daun dari sebuah tanaman.

BACA JUGA  Resiko Terapi Akupuntur Jika Tidak Dilakukan Oleh Ahli

Ginseng merupakan bahan yang sering digunakan dalam ramuan herbal Cina, selain itu ada juga jahe, kulit kayu manis, rhubarb dan licorice yang digunakan sebagai bahan obat herbal.

Cara mengkonsumsinya pun mudah, bisa berupa sebuah minuman, berbentuk kapsul, teh ataupun bubuk. Semuanya tergantung selera untuk mengkonsumsi bahan herbal ini.