Jerawat pada Bayi? Jangan Khawatir, Ini Penanganannya

Jerawat bayi awalnya berupa bintik merah yang menyebabkan daerah sekitarnya ikut memerah bila lenting yang berisi nanah (whiteheads) berkembang. Jerawat ini bisa muncul di sekitar pipi, dagu, dahi, atau bahkan di punggung bayi.

Kondisi ini bisa terjadi setelah bayi baru dilahirkan atau sekitar dua atau empat minggu setelah dilahirkan. Bayi biasanya akan lebih rewel bila benda kasar atau air liur mengenai jerawat tersebut.

Dilansir dari Baby Center, penyebab munculnya jerawat bayi tidak diketahui secara pasti. Namun, kemungkinan ini terjadi karena faktor hormon dan keturunan. Selain itu, bila sang ibu mengonsumsi obat-obatan tertentu saat menyusui bisa memicu tumbuhnya jerawat bayi. Pada beberapa kasus, bayi juga bisa memiliki kondisi ini sebagai hasil reaksi kulit terhadap produk perawatan yang tidak cocok buatnya.

Kondisi ini umum terjadi dan dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari, minggu, atau bulan. Walaupun demikian, melakukan perawatan di rumah dapat membantu kulit bayi sembuh lebih cepat dan menjadikan kulit bayi lebih sehat.

Berikut tips merawat kulit bayi dengan jerawat bayi:

1. Jaga kulit bayi agar tetap bersih

Rutin membersihkan wajah bayi dengan air hangat membantu menjaga kulit bayi bersih dari sisa makanan, ASI, air liur, dan tentunya bakteri atau kuman.

Cara membersihkan dengan menyiapkan lap atau kain yang lembut yang sebelumnya sudah direndam ke dalam air hangat. Kemudian usap dengan lembut, hindari menggosok kulit bayi dengan keras yag bisa menyebabkan iritasi. Bila sudah dibersihkan, keringkan dengan handuk atau kain kering dengan cara ditepuk-tepuk perlahan.

2. Jangan pakai produk perawatan kulit sembarangan

Untuk bayi yang usianya masih beberapa bulan, menggunakan produk perawatan kemungkinan akan menyebabkan iritasi. Menggunakan losion berminyak pada kulit bayi juga akan memperparah kondisi jerawat karena losion tersebut menghalangi pori-pori kulit. Bila mendapat produk perawatan kulit dari dokter, gunakan sesuai dengan anjuran.

BACA JUGA  Tips Mengatasi Rasa Panas Pada Punggung

3. Jangan melukai jerawat

Bila jerawat muncul di sekitaran pipi, hindari untuk mencubit pipinya. Ini akan melukai dan mengiritasi jerawat pada kulitnya. Untuk sementara, gunakan pakaian berkancing, ini menghindari kulitnya yang berjerawat dari gesekan jika baju langsung digunakan dari atas kepala.

Dalam melakukan perawatan kulit bayi yang berjerawat, Anda harus bersabar. Rasa kekhawatiran pasti muncul karena bayi menjadi tidak nyaman dan sering menangis. Bila jerawat bayi tidak hilang dalam waktu tiga bulan, sebaiknya segera memeriksakan kesehatan kulitnya ke dokter. Sebenarnya tidak pengobatan khusus untuk menyembuhkan jerawat bayi.

TERBARU

Kerokan, Metode Pengobatan Tradisional yang Sudah Berusia 2.000 Tahun

Kerokan adalah salah satu terapi yang jamak dilakukan ketika...

Astaga! Kantor Dokter AS ini Salah Menagih Biaya Perangkat Akupuntur Setara Rp16 Miliar

Melansir laman Cleveland, Departemen Kehakiman AS mengumumkan bahwa sebuah...

Bagaimana Terapi Akupuntur Bisa Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anda?

Akupunktur adalah salah satu bentuk pengobatan dalam Traditional Chinese...

Jangan Gegabah, Suplemen ini Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Obat

Suplemen adalah produk nutrisi tambahan yang sering dikonsumsi oleh...

Kemenkes Imbau Masyarakat Waspada terhadap beberapa Penyakit Tropis ini

Kementerian Kesehatan RI menghimbau masyarakat agar waspada terhadap beberapa...

Jadi Paham, Ternyata Ini Perbedaan Jamu, Obat Herbal Terstandar dan Fitofarmaka

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki kekayaan sumber hayati...

Peneliti Israel Dapati bahwa Akupuntur Tiongkok Kurangi Rasa Sakit dan Kecemasan selama Bedah

Akupunktur China dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kecemasan...

Mengapa Akupunktur Kini Masuk dalam Arus Utama Dunia Pengobatan? Berikut Penelusuran Reportase TIME

Krisis kecanduan opioid yang melonjak di AS sekitar satu...

Sempat Derita Stroke, Aktor Irgi Achmad Fahrezi Ungkap Pengobatan Alternatif ini Hingga Bisa Sembuh

Aktor sinetron Lupus Milenia, Achmad Fahrezi mengungkap bahwa dirinya...

Apa itu Wisata Kesehatan, yang Sedang Popular Digerakkan di KEK Sanur Bali?

Pemerintah melalui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga...

Kerokan, Metode Pengobatan Tradisional yang Sudah Berusia 2.000 Tahun

Kerokan adalah salah satu terapi yang jamak dilakukan ketika seseorang mengalami masuk angin. Ternyata metode pengobatan tradisional ini sudah berumur lebih dari 2.000 tahun....

Astaga! Kantor Dokter AS ini Salah Menagih Biaya Perangkat Akupuntur Setara Rp16 Miliar

Melansir laman Cleveland, Departemen Kehakiman AS mengumumkan bahwa sebuah kantor dokter di Ohio yang sudah tidak beroperasi, Westlake, salah menagih Medicare sebesar $1,1 juta...

Bagaimana Terapi Akupuntur Bisa Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anda?

Akupunktur adalah salah satu bentuk pengobatan dalam Traditional Chinese Medicine (TCM) yang berasal dari Cina dan memiliki sejarah yang sangat panjang, bahkan beberapa sumber...

Jangan Gegabah, Suplemen ini Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Obat

Suplemen adalah produk nutrisi tambahan yang sering dikonsumsi oleh orang untuk meningkatkan kesehatan dan membantu mengatasi masalah kesehatan tertentu. Meskipun suplemen dapat memberikan manfaat,...

Kemenkes Imbau Masyarakat Waspada terhadap beberapa Penyakit Tropis ini

Kementerian Kesehatan RI menghimbau masyarakat agar waspada terhadap beberapa penyakit tropis yang bisa mengancam kesehatan. Dalam keterangan rilisnya, Kemenkes RI mengatakan bahwa Badan Kesehatan Dunia...

Jadi Paham, Ternyata Ini Perbedaan Jamu, Obat Herbal Terstandar dan Fitofarmaka

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki kekayaan sumber hayati yang luar biasa, termasuk tumbuh-tumbuhan. Salah satu tumbuhan yang sangat berguna bagi kesehatan manusia adalah...