Karir Bintang Drakor Ini Nyaris Tamat Karena Leukimia, Akupuntur Bisa Sembuhkan?

Gegara mengidap sakit leukimia akut pada Mei 2016, karir akting Choi Sung-won nyaris tamat. Leukemia adalah kanker darah akibat tubuh terlalu banyak memproduksi sel darah putih abnormal. Bagaimana info terbaru penanganan leukimia dengan pengobatan alternatif seperti terapi akupuntur?

Choi Min-woo, lebih dikenal dengan nama panggungnya Choi Sung-won, adalah aktor asal Korea Selatan. Dia mulai mendapatkan pengakuan melalui perannya sebagai Sung No-eul dalam drama Korea Reply 1988, bagian ketiga dari Reply oleh tvN.

Choi Sung Won didiagnosis menderita leukimia akut pada Mei 2016 dan dinyatakan sembuh pada Desember 2016. Dia kemudian kembali berakting pada 2017, namun harus kembali menjalani perawatan karena penyakit yang sama pada November 2020.

Choi Sung Won didiagnosis menderita leukemia akut. Karena masalah medis ini, dia harus membatalkan semua proyek line-up untuk fokus pada penyembuhannya.

Apa itu Penyakit Leukimia?

Sel darah putih merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh yang diproduksi di dalam sumsum tulang. Ketika fungsi sumsum tulang terganggu, maka sel darah putih yang dihasilkan akan mengalami perubahan dan tidak lagi menjalani perannya secara efektif.

Leukemia sering kali sulit terdeteksi karena gejalanya menyerupai gejala penyakit lain. Oleh sebab itu, pemeriksaan sejak dini perlu dilakukan agar leukemia dapat cepat ditangani.

Leukemia dapat bersifat kronis atau akut. Pada leukemia kronis, kanker berkembang perlahan dengan gejala awal yang biasanya ringan. Sementara pada leukemia akut, perkembangan sel kanker terjadi sangat cepat dan gejalanya bisa memburuk dalam waktu singkat. Leukemia akut lebih berbahaya daripada leukemia kronis.

Berdasarkan jenis sel darah putih yang terlibat, leukemia terbagi menjadi empat jenis utama, yaitu:

Leukemia limfoblastik akut
Acute lymphoblastic leukemia (ALL) atau leukemia limfoblastik akut terjadi ketika sumsum tulang terlalu banyak memproduksi sel darah putih jenis limfosit yang belum matang (limfoblas).

BACA JUGA  Tiru Kiat Langsing Wika Salim, Sekalian Dipadukan dengan Akupuntur?

Leukemia limfositik kronis
Chronic lymphocytic leukemia (CLL) atau leukemia limfositik kronis terjadi ketika sumsum tulang terlalu banyak memproduksi limfosit yang tidak normal dan secara perlahan menyebabkan kanker.

Leukemia mieloblastik akut
Acute myeloblastic leukemia (AML) atau leukemia mieloblastik akut terjadi ketika sumsum tulang terlalu banyak memproduksi sel mieloid yang tidak matang atau mieloblas.

Leukemia mielositik kronis
Chronic myelocytic leukemia (CML) atau leukemia mielositik kronis terjadi ketika sumsum tulang tidak mampu memproduksi sel mieloid yang matang.

Selain keempat jenis leukemia di atas, ada beberapa jenis leukemia lain yang jarang terjadi, di antaranya:

Leukemia sel rambut (hairy cell leukemia)
Leukemia mielomonositik kronis (chronic myelomonocytic leukemia)
Leukemia promielositik akut (promyelocytic acute leukemia)
Leukemia limfositik granular besar (large granular lymphocytic leukemia)
Juvenile myelomonocytic leukemia, yaitu jenis leukemia mielomonositik yang menyerang anak usia di bawah 6 tahun.

Apakah Akupuntur Bisa Bantu Penyembuhan Leukimia?

Akupuntur leukemia merupakan terapi pengobatan yang dikhususkan untuk mengatasi pasien leukemia. Penyakit yang lebih dikenal kanker darah ini disebabkan karena jumlah sel darah putih meningkat.

Umumnya peningkatan sel darah putih ini terjadi di darah atau sumsum tulang, sehingga sebagian sel darah yang diproduksi melalui sumsum tulang memiliki keabnormalan sifat dan jenis.

Ketidaknormalan sel yang terjadi pada penderita leukemia bisa memicu produksi leukosit yang lebih banyak dari batas normal. Hal ini menyebabkan seseorang yang menderita penyakit leukemia akan ditandai dengan meningkatnya kadar leukosit dalam darah.

Sebuah penelitian dari Michigan State University mengatakan bahwa melakukan pijat refleksi di area kaki dapat membantu meredakan gejala kanker. Jadi, dengan melakukan terapi akupuntur, masalah ini bisa diatasi dengan aman dan efisien.

BACA JUGA  Aktris Bollywood Ini Disiplin Jaga Tubuh Tetap Langsing, Apakah Akupuntur Bisa Membantu?

Akan tetapi, karena leukemia bukanlah penyakit ringan, Anda harus melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter terkait kondisi tubuh Anda agar pengobatan berjalan lancar.

Cara Alami Penanganan Leukimia Selain Akupuntur Leukemia

Selain melakukan pengobatan ke dokter dan ahli akupuntur, gejala leukemia bisa juga diatasi dengan mengkonsumsi beberapa bahan alami di bawah ini:

– Ginseng merah Korea
Ramuan berbahan dasar ini dapat menghambat aktivitas telomerase dan menyebabkan matinya sel organisme pada sel kanker darah.

– Kunyit
Bahan dapur ini bisa mengurangi rasa sakit dan peradangan yang terjadi pada penderita leukemia.

– Silymarin atau milk thistle
Ramuan ini umumnya digunakan untuk obati penyakit hati, namun bagi penderita leukemia ramuan ini juga bisa digunakan. Manfaat ramuan ini untuk penderita leukemia adalah untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan hati.

– Tapak dara
Cara membuat ramuan herbal dari tanaman ini adalah dengan merebus 1 liter air dengan 20-25mg tapak dara kering dan adas pulawaras. Ramuan ini bisa diminum 2 kali sehari saat pagi dan sore hari.

Akupuntur leukemia ini bisa dijadikan pengobatan alternatif untuk mengobati penyakit kanker tersebut. Anda juga bisa mengkonsumsi obat herbal untuk mengatasi gejala leukemia disamping menggunakan obat medis. [AB]

TERBARU

Prof. Sim Kie Jie: “Ingin Terus Menulis Akupuntur untuk Ilmu Pengobatan Tradisional Indonesia”

Situasi pandemi covid-19 lalu, memberi waktu luang bagi Praktisi...

Kiat Kontrol Kadar Gula Darah

Kondisi kadar gula darah yang tinggi biasa dikenal dengan...

Mengenal Brokoli, ‘Si Kribo’ Kaya Vitamin C

Dalam pola makan sehat yang menekankan asupan bergizi seimbang,...

Apa Itu Pijat Refleksi?

Merasa lelah dan jenuh saat bekerja adalah hal yang...

Horor COVID-19 di Tiongkok, Mulai Lockdown!

Seiring dengan kasus yang terus meningkat dan mencapai level...

Pilah Pilih Alat Refleksi

Salah satu sarana relaksasi yang tepat untuk menghilangkan pegal...

Cara Sederhana Membuat Jamu

Rempah-rempah merupakan sumber daya alam utama yang dimiliki Indonesia....

Ingin Jajal Terapi Jarum Akupuntur? Ini Efek Samping dan Cara Kerjanya

Akupuntur adalah pengobatan tradisional Tiongkok yang telah dikenal selama...

Mengenal Kulit Pohon Gandarusa yang Ampuh Atasi Rasa Sakit

Tanaman Gandarusa adalah sejenis tanaman perdu dengan karakter daun...

Membuat Jus Tak Perlu Cara Khusus

Mengonsumsi buah secara rutin bisa memberikan banyak manfaat. Mulai...

Prof. Sim Kie Jie: “Ingin Terus Menulis Akupuntur untuk Ilmu Pengobatan Tradisional Indonesia”

Situasi pandemi covid-19 lalu, memberi waktu luang bagi Praktisi senior Akupuntur dan TCM, Prof. Sim Kie Jie untuk menulis buku Ilmu Penyakit Menular Bersifat...

Kiat Kontrol Kadar Gula Darah

Kondisi kadar gula darah yang tinggi biasa dikenal dengan istilah hiperglikemia, istilah ini juga sering dikaitkan dengan diabetes dan pradiabetes. Benar bahwa kamu tidak...

Mengenal Brokoli, ‘Si Kribo’ Kaya Vitamin C

Dalam pola makan sehat yang menekankan asupan bergizi seimbang, brokoli hampir selalu ada di dalam makanan yang wajib untuk dikonsumsi. Meskipun banyak yang tidak...

Apa Itu Pijat Refleksi?

Merasa lelah dan jenuh saat bekerja adalah hal yang wajar, justru hal tersebut merupakan suatu sinyal yang menunjukkan kalau kamu kurang asupan makanan, jarang...

Horor COVID-19 di Tiongkok, Mulai Lockdown!

Seiring dengan kasus yang terus meningkat dan mencapai level tertinggi sejak lockdown Shanghai, Pemerintah China bertahan dengan strategi penahanan COVID-19 yang ketat hampir tiga tahun setelah...

Pilah Pilih Alat Refleksi

Salah satu sarana relaksasi yang tepat untuk menghilangkan pegal dan rasa kaku pada tubuh adalah pijat refleksi. Dilansir dari Wikipedia.org, pijat refleksi merupakan ilmu...