Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang sering digunakan sebagai pelengkap masakan. Masakan yang menggunakan bawang putih memang terasa lebih sedap dan memiliki rasa khas tersendiri.

DIDUKUNG OLEH:

Sayangnya jutaan orang tak menyadari manfaat bawang putih selain sebagai bumbu dapur. Sebenarnya selain itu ternyata bawang putih memiliki manfaat yang bagus bagi kesehatan, salah satunya adalah kesehatan jantung. Nah, apa saja sih manfaat dari bawang putih bagi kesehatan? Simak penjelasan dibawah ini.

Manfaat dan Kasiat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Bawang putih memiliki nama dalam bahasa latin Allium Sativum. Jenis umbi-umbian ini memiliki banyak sekali nutrisi, seperti Kalori, Karbohidrat, Serat, Vitamin C, Kalsium, Selenium dan Antioksidan. Oleh karena itu, tidak heran jika bawang putih memiliki banyak sekali manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat yang ada pada bawang putih:

1. Menyehatkan Jantung

Manfaat pertama yang dimiliki oleh bawang putih adalah dapat mencegah risiko terjadinya penyakit jantung. Bawang putih yang dikeringkan (aged garlic) dipercaya dapat menurunkan penumpukan plak lunak dan mencegah pembentukan plak baru di arteri. Sehingga, mencegah terjadinya penyakit jantung.

2. Menurunkan Kolestrol

Bawang putih mentah sudah lama dipercaya dapat menurunkan kolestrol. Dalam sebuah penelitian 1-2 siung bawang putih mentah yang dikonsumsi setiap hari dapat menurunkan kolestrol.

3. Mengendalikan Tekanan Darah

Manfaat bawang putih selanjutnya adalah dapat mengendalikan tekanan darah. Oleh karena itu, orang yang mengidap hipertensi bisa mengkonsumsi bawang putih mentah sebagai alternatif pengobatan.

4. Menjaga Kesehatan Otak

Karbohidrat yang terkandung dalam bawang putih memiliki turunan FruArg. Kandungan ini dapat melindungi sel-sel otak dari penyakit bahkan efek penuaan pada otak.

5. Menurunkan Resiko Kanker

Bawang putih bisa dijadikan sebagai salah satu rekomendasi makanan sehat karena memiliki banyak sekali manfaat. Pada point kelima bawang putih dipercaya dapat menurunkan resiko terkena kanker.

Hal ini bisa terjadi karena bawang putih memiliki kandungan sulfur aktif yang dapat mencegah pembentukan sel kanker dan mampu menghambat pertumbuhannya.

Itulah tadi beberapa manfaat bawang putih yang masih jarang diketahui oleh orang. Semoga pembahasan kali ini bisa bermanfaat bagi sobat sehat semua.