Keberhasilan Pengobatan Migrain Akupuntur Dikonfirmasi – Akupuntur efektif untuk pengobatan migrain vestibular. Rumah Sakit Afiliasi Universitas Shanxi peneliti Pengobatan Tradisional Cina melakukan uji klinis dan menetapkan bahwa akupuntur dengan moksibusi lebih efektif daripada flunarizine untuk pengentasan atau penghapusan pusing dan cephalalgia karena migrain vestibular.

Akupuntur jarum hangat menghasilkan perbaikan klinis yang jauh lebih besar dan menghasilkan tingkat kekambuhan yang lebih rendah daripada flunarizine. Parameter pengukuran berikut dicatat dan dievaluasi: Dizziness Handicap Inventory (DHI), Visual Analog Scale (VAS), dan durasi pusing.

Keberhasilan Pengobatan Migrain Akupuntur Dikonfirmasi

Para peneliti mencatat bahwa prinsip jing-luo berlaku untuk protokol pengobatan mereka. Pendekatan perawatan pasien didasarkan pada prinsip pengobatan untuk meningkatkan qi dan sirkulasi darah ke otak dan kepala menggunakan akupuntur jarum hangat.

DIDUKUNG OLEH:

Ukuran sampel pasien terdiri dari 68 pasien yang dirawat di rumah sakit. 68 pasien secara acak dibagi menjadi kelompok observasi monoterapi obat dan kelompok akupuntur jarum hangat, dengan 34 pasien di setiap kelompok. Peserta dalam uji coba tidak memiliki perbedaan yang signifikan dalam hal perjalanan penyakit atau usia rata-rata saat pertama kali dirawat. Untuk kriteria inklusi, sampel memenuhi International Classification of Headache Disorders (ICHD-3).

Kelompok observasi obat menerima dosis flunarizine (5 mg) reguler untuk jangka waktu dua minggu tetapi tidak menerima akupuntur apapun. Flunarizine adalah vasodilator, agen antivertigo, antagonis reseptor histamin (antihistamin), dan penghambat saluran kalsium. Kelompok akupuntur menerima perawatan akupuntur dalam posisi terlentang; namun, mereka tidak menerima obat apa pun. Titik akupuntur berikut digunakan dengan jarum filiform 0,35 mm (merek Hwato/Huatuo):

GV20 (Baihui)
KD3 (Taixi)
GB20 (Fengchi)
MHN9 (Taiyang)
GB8 (Shuaigu)
ST36 (Zusanli)
SP6 (Sanyinjiao)
LV3 (Taichong)

BACA JUGA  Mengenal Istilah Gizi Salah Serta Penyebabnya

Untuk dua poin pertama, metode penguatan (Bu Fa) digunakan dan metode penguatan-pelemahan ringan (Ping Bu Ping Xie Fa) digunakan untuk poin lainnya. Kedalaman dan sudut jarum bervariasi berdasarkan titik akupuntur yang digunakan. Untuk Fengchi bilateral, jarum dimasukkan secara miring ke arah ujung hidung.

Untuk Baihui dan Shuaigu, jarum dimasukkan secara miring-melintang, mencapai kedalaman 0,8 cun. Untuk Taiyang dan Taichong, jarum ditusukkan tegak lurus hingga 0,8 cun. Untuk Zusanli dan Sanyinjiao, jarum ditusukkan tegak lurus 1 cun. Jarum dipertahankan selama 30 menit sebelum dilepas.

Potongan moksibusi sepanjang dua sentimeter dihubungkan ke Baihui, Taiyang, Shuaigu, Zusanli, dan Sanyinjiao. Dua potong moksibusi dibakar pada setiap pegangan jarum selama perawatan. Perawatan akupuntur harian diterapkan selama dua minggu. Evaluasi tindak lanjut dilakukan 8 minggu setelah pengobatan selesai.

Para peneliti mencatat bahwa penelitian sebelumnya membandingkan kemanjuran akupuntur jarum hangat plus herbal dengan pasien yang menerima ibuprofen dan flunarizine hidroklorida. Penelitian itu menunjukkan hasil yang serupa. Studi ini berfokus pada migrain tanpa aura karena stasis darah tipe dingin dan termasuk akupuntur dan obat-obatan herbal. Rumus herbal untuk semua pasien adalah Xue Fu Zhu Yu Tang. Sebanyak 84 pasien dilibatkan dalam penelitian, dengan 42 kasus di observasi dan kelompok akupuntur jarum hangat masing-masing. Metode memutar dan mengurangi diterapkan pada titik-titik akupuntur berikut:

GB20 (Fengchi)
GB40 (Qiuxu)
SP6 (Sanyinjiao)
CV4 (Guanyuan)

Setelah sensasi deqi tercapai, jarum ditahan selama 30 menit. Moxa dilekatkan pada ujung jarum dan pengobatan diberikan setiap hari selama 4 minggu. Setelah menyelesaikan perawatan, kelompok akupuntur jarum hangat menunjukkan peningkatan yang lebih besar dalam semua parameter pengukuran.

Skor VAS pasien turun dari 15,27 ± 2,43 menjadi 8,03 ± 1,14, yang lebih besar dari perubahan yang ditunjukkan pada kelompok obat. Berdasarkan survei kesehatan bentuk pendek item MOS (SF-36), kondisi fisik umum dan kondisi kesehatan mental pasien juga berubah lebih signifikan pada kelompok akupuntur jarum hangat. Uji klinis yang disebutkan di atas menunjukkan bahwa akupuntur jarum hangat adalah pengobatan yang efektif untuk migrain, sumber healthcmi.com.

BACA JUGA  Bagaimana Akupuntur Dapat Membantu Melahirkan