Keefektifan Akupuntur Untuk Mengatasi Mulut Kering – Masalah ini sebenarnya bukan hal baru lagi, bahkan sebagian besar orang pasti sudah pernah mengalami. Kondisi ini terjadi ketika mulut tidak memproduksi air liur untuk membuat mulut tetap lembab. Biasanya masalah ini disebabkan oleh efek samping obat-obatan yang sebelumnya dikonsumsi. Atau bisa juga disebabkan oleh penuaan akibat terapi radiasi untuk kanker.

DIDUKUNG OLEH:

Penuaan memang menjadi faktor yang sering menyebabkan mulut kering. Apalagi diusia tersebut seringkali mengkonsumsi obat-obatan untuk menyembuhkan penyakit lain. Obat-obatan seperti obat antidepresi, anti-tekanan darah tinggi bisa dibilang menjadi penyebabnya. Beberapa kondisi kesehatan tubuh yang kurang baik, juga bisa menyebabkan munculnya masalah ini seperti stroke, infeksi jamur pada mulut hingga penyakit autoimun.

Ketika mengalami masalah ini ialah akan mengalami kekeringan dan mulut yang terasa lengket. Kemudian akan muncul bau mulut, ketika mengunyah, berbicara bahkan menelan juga sulit. Hingga terjadi rasa sakit pada bagian tenggorokan sampai suara menjadi serak. Lakukan pengobatan ini dengan berbagai cara, salah satunya akupuntur.

Keefektifan Akupuntur Untuk Mengatasi Mulut Kering

Akupunktur ternnyata bisa mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan xerostomia (mulut kering). Telah dilakukan penelitian mengenai keefektifan akupuntur untuk mengatasi mulut kering. Semua perawatan akupunktur disediakan oleh ahli akupunktur yang terpercaya. Peneliti University of Texas MD Anderson Cancer Center (Houston) and Fudan University Cancer Center (Shanghai) telah melakukan penelitian ke berbagai penderita.

Tujuan dari penelitian ini untuk membandingkan hasil pasien perawatan konvensional dan perawatan yang ditambah akupunur. Ada insiden RIX yang tinggi, yang dapat menyebabkan komplikasi termasuk menelan yang sulit atau menyakitkan, gangguan indra perasa (dysgeusia), dan masalah gigi.

Pasien akupunktur menerima akupunktur tiga kali per minggu selama enam sampai tujuh minggu terapi radiasi mereka memiliki pengurangan gejala mulut kering kurang secara signifikan setahun setelah menyelesaikan perawatan daripada pasien kontrol perawatan standar. Tidak ada efek samping yang terjadi di University of Texas MD Anderson. Dalam penelitian ini titik akupunturnya berada di :

  • CV24
  • LU7
  • KD6
  • Auricular: Shenmen, Point Zero, Salivary Gland 2 Prime, Larynx