Kehebatan Tai Chi ternyata tidak hanya terletak pada pertahanannya saja, salah satu seni bela diri ini ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan. Seni bela diri ini memiliki keunikannya tersendiri, karena berupa gerakan meditasi.

Kehebatan Tai Chi Untuk Kesehatan

Taijiquan atau tai chi merupakan salah satu seni bela diri yang berasal dari Cina. Seni bela diri ini telah muncul di abad ke-13, dan diklaim bermanfaat untuk kesehatan rohani serta jasmani bagi siapapun yang melakukannya.

Bela diri tai chi bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimanapun, seni bela diri ini juga dapat menurunkan stres, rasa cemas dan meningkatkan daya konsentrasi seseorang.

DIDUKUNG OLEH:

Karena olahraga ini berupa gerakan meditasi, seni bela diri tai chi lebih terkesan lembut, fokus pada pemusatan pikiran, pelan dan sebagai latihan pernapasan.

Oleh karena seni bela diri ini berbeda dengan jenis yang lain, tai chi bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan lansia sekalipun. Selain bisa meringankan stres dan cemas, tai chi juga baik untuk kesehatan sendi dan otot.

Untuk seseorang yang menderita arthritis, olahraga ini juga bisa dilakukan dan bahkan pada lansia yang tidak bisa berolahraga lagi. Seni bela diri ini pun tidak memerlukan alat khusus, sehingga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Berikut ini manfaat yang bisa didapat dari tai chi, selain untuk kesehatan mental, tai chi juga bermanfaat untuk kesehatan jasmani, manfaatnya ialah sebagai berikut:

– Memperkuat otot
– Kurangi resiko terkena penyakit jantung dan juga diabetes
– Meredakan stres
– Mengatasi kecemasan
– Manfaat yang sama dengan aerobik
– Meningkatkan kelenturan dan keseimbangan tubuh

Selain bisa memperkuat otot, olahraga ini juga bisa mengatur irama jantung. Oleh karena itu, tai chi bermanfaat untuk pertahanan dan berguna untuk menjaga kesehatan tubuh.

BACA JUGA  Begini Cara Kerja Akupuntur Menyembuhkan Beragam Penyakit

Adapun gerakan untuk pemula dari tai chi adalah:

1. Berdiri tegak dan lebarkan kaki sejajar bahu, letakkan tangan di pinggul dan putar kepala searah jarum jam, lalu lakukan kembali dengan berlawanan arah, tarik nafas dalam dan hembuskan.

2. Lakukan gerakan seperti sedang mengeringkan tangan dari butiran air sambil mengambil nafas dalam dan hembuskan, gerakan ini bertujuan untuk melemaskan tangan

3. Membentuk lingkaran purnama sempurna dengan kedua tangan

4. Membuat gerakan seperti sedang melebarkan sayap

5. Lakukan gerakan seperti sedang berenang dan membelah air