Kelebihan Akupuntur untuk Mengobati Alergi di Tubuh

Ternyata kelebihan akupuntur untuk mengobati alergi cukup berguna karena masalah alergi selalu saja diobati dengan obat. Padahal ada cara non farmakologi yang bisa dilakukan dan efektif aman, yaitu dengan akupuntur.

Mengenal Kelebihan Akupuntur untuk Mengobati Alergi

Sebagian besar orang pernah mengalami alergi, dan salah satu alergi musiman yang kerap terjadi contohnya seperti bersin, batuk dan flu yang menyerang siapa saja dan kapan saja tanpa diduga sebelumnya.

Kondisi alergi menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih peka dari biasanya. Sehingga kondisi ini menyebabkan sistem imun yang bereaksi berlebihan pada allergen eksternal yang masuk ke dalam tubuh.

Adapula gejala alergi yang biasanya terjadi contohnya seperti mata yang berair, hidung berair atau tersumbat, sinus, bersin, mata yang gatal, saluran telinga yang teriritasi dan tenggorokan yang sakit.

- Advertisement -

Terkadang gejala-gejala alergi yang disebutkan di atas juga menimbulkan demam sehingga tubuh akan drop dan tak bisa beraktivitas dengan normal. Bahkan, kepala juga bisa saja terasa sakit dan pusing.

Oleh karena itu, untuk mengatasinya Anda tak hanya bisa memanfaatkan obat-obatan saja. Karena, ada juga cara lain yang efektif dan layak dicoba untuk menghilangkan gejala alergi dan juga demam yang muncul.

Cara yang dimaksud adalah dengan melakukan terapi akupuntur. Terapi asal Cina ini efektif untuk membantu mengobati gejala alergi yang terjadi pada tubuh. Akupuntur sendiri membantu menjaga energi vital tetap seimbang.

Dalam kasus menangani alergi, akupuntur membantu mengurangi pelepasan histamine yang mengakibatkan ingesti atau maksudnya adalah masuknya allergen ke dalam saluran pencernaan tubuh.

Kondisi inilah yang menimbulkan alergi karena masuknya allergen ke dalam saluran pencernaan dapat memicu reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh. Untuk lama atau tidaknya kesembuhan tergantung kondisi pasien.

BACA JUGA  Terapi Akupuntur Frozen Shoulder Untuk Atasi Kaku Otot

Meskipun akupuntur sejenis pengobatan yang berefek jangka panjang, tetap saja ahli yang melakukan akupuntur, alat yang digunakan serta teknik yang tepat membantu kesembuhan pasien lebih optimal.

Selain itu, keparahan alergi yang menimpa tubuh pasien juga memengaruhi lamanya kesembuhan pasien tersebut. Jadi, usahakan sebelum akupuntur lakukan konsultasi terlebih dahulu agar kondisi tubuh lebih terkontrol.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...