Kelebihan Terapi Akupuntur Untuk Kesehatan Anak

Masalah kesehatan anak ternyata tidak hanya bisa diobati oleh dokter. Kelebihan terapi akupuntur ternyata salah satunya ialah bisa dilakukan pada anak-anak. Benarkah demikian? Simak penjelasannya berikut ini.

Kelebihan Terapi Akupuntur Untuk Anak

Anak-anak biasanya sulit untuk diajak berobat, terlebih lagi jika harus diobati dengan menggunakan jarum suntik. Namun, jika anak bisa mengatasi rasa takutnya, terapi akupuntur ternyata memiliki nilai plus bagi anak.

Sebagian besar orangtua pasti tidak tega melihat anaknya harus ditusuk oleh jarum untuk diobati. Namun, kenyataannya jarum akupuntur ternyata tidak menimbulkan rasa sakit.

Jarum akupuntur sangat kecil dan tipis, hal inilah yang menyebabkan jarum tidak terasa sakit saat ditusukkan ke kulit. Terlebih lagi jika terapi dilakukan dengan terapis profesional dan stimulasi di titik yang tepat.

- Advertisement -

Menurut penelitian di New York Eye and Ear Infirmary, akupuntur bermanfaat untuk mengatasi amblyiopia pada anak atau sindrom mata malas. Sindrom inilah yang menyebabkan kemampuan mata kiri dan kanan tidak seimbang.

Menurut penelitian lain, akupuntur ternyata juga bermanfaat untuk meredakan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas yang terjadi pada anak.

Bahkan, terapi akupuntur juga bisa digunakan oleh bayi. Masalah kolik pada bayi terbukti bisa disembuhkan dengan menstimulasi beberapa titik yang tepat dengan jarum akupuntur.

Pada usia remaja, akupuntur juga aman untuk dilakukan. Masalah nyeri yang timbul karena beberapa hal bisa diatasi dengan melakukan terapi akupuntur. Namun, jika Anda ingin melakukannya, Anda harus menggunakan terapis yang ahli.

Tidak sembarang orang yang bisa melakukan terapi akupuntur. Hal ini untuk menghindari efek samping dan masalah serius lainnya yang bisa terjadi karena salah menusukkan jarum di titik tertentu atau kurang sterilnya peralatan terapi.

BACA JUGA  Mengatasi Irritable Bowel Syndrome Dengan Akupuntur

Akupuntur juga aman dilakukan pada ibu hamil. Dimulai dari awal kehamilan, masa kehamilan hingga pasca melahirkan, akupuntur terbukti berguna untuk atasi berbagai keluhan ibu hamil.

Oleh karena itu, pengobatan tradisional asal Cina ini diminati oleh sebagian besar masyarakat karena manfaatnya yang luar biasa. Anda juga tidak harus bergantung pada obat untuk menyembuhkan penyakit yang diderita.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...