Sistem kekebalan tubuh atau imun sangat penting bagi tubuh kita agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Namun, ada kalanya gangguan sistem imun terjadi dan berdampak tidak baik bagi tubuh.

DIDUKUNG OLEH:

Gangguan-gangguan apa sajakah yang terjadi pada sistem imun? Simak pembahasannya berikut ini.

Terdapat 4 jenis gangguan yang dapat terjadi pada sistem kekebalan tubuh kita, yaitu:

1. Penyakit Autoimun

Penyebab pasti dari terjadinya penyakit ini belum diketahui, namun beberapa faktor yang dapat meningkatkan timbulnya penyakit ini adalah etnis, riwayat keluarga, gender dan lingkungan tempat tinggal.

Gejala-gejala yang timbul jika mengalami penyakit autoimun adalah sebagai berikut:

  • Ruam pada kulit
  • Rambut yang rontok
  • Kesemutan di kaki dan tangan
  • Demam yang ringan
  • Pegal pada otot
  • Kelelahan
  • Sulitnya berkonsentrasi

Contoh penyakit autoimun yaitu lupus, psoriasis, myasthenia gravis, multiple sclerosis, penyakit graves, rheumatoid arthritis, kolitis ulseratif dan lain-lain.

2. Alergi/Hipersensitivitas

Tubuh akan menjadi super sensitif terhadap antigen-antigen tertentu. Gejala umum yang ditimbulkan biasanya adalah kram berlebih, gatal, ruam, mata merah dan sulit bernapas. Antigen yang dapat menyebabkan alergi disebut dengan alergen.

3. Imunodefisiensi

Penyakit ini timbul karena adanya ketidakmampuan sistem kekebalan tubuh untuk merespon antigen. Penyakit imunodefisiensi dibagi menjadi 2 jenis yaitu:

  • AIDS > jumlah sel T helper yang berkurang menyebabkan sistem imunitas melemah. Penyakit ini disebabkan oleh virus HIV.
  • Defisiensi imun kongenital > tidak memiliki sel B dan sel T sejak lahir sehingga harus hidup di lingkungan yang steril.

4. Isoimunitas

Gangguan sistem imun yang selanjutnya adalah timbulnya penyakit isoimunitas. Penyakit ini terjadi jika tubuh mendapatkan kekebalan dari individu yang lain yang melawan sel di tubuhnya sendiri.

Hal ini biasanya terjadi saat pencangkokan organ atau saat transfusi darah. Karena hal itulah sebelum melakukan pencangkokan organ dan transfusi darah, terlebih dulu kita harus mengetahui kecocokan antara organ dari penerima.

BACA JUGA  Manfaat Makanan Sehat Bergizi Bagi Tubuh

Dapat disimpulkan bahwa sistem imun pada tubuh manusia juga bisa menimbulkan gangguan yang akhirnya timbullah berbagai macam penyakit akibat hal tersebut. Jadi, manusia harus bisa menjaga tubuhnya agar tidak terkena gangguan yang menyerang sistem imun tubuhnya.