Kenali Tanda-tanda Gangguan Jiwa

Dalam mendiagnosis ragam penyakit kejiwaan terkadang sulit untuk ditebak. Hal ini didasari karena tanda-tanda gangguan jiwa yang tidak selalu jelas, sehingga sulit untuk dikenali. Tanda yang ditimbulkan tergantung pada kondisi psikis atau jiwa orang itu sendiri.

Nah, bentuk dari gejala atau tanda gangguan jiwa bermacam-macam. Berikut adalah beberapa tanda-tanda seseorang mengalami gangguan jiwa:

1. Sering Mengalami Gangguan saat Tidur

Secara umum, penderita penyakit kejiwaan mengalami gangguan saat tidur. Bentuknya bisa sulit tidur, sering terbangun saat tidur, tidak bisa tidur sama sekali atau bahkan kebiasaan tidur yang tidak normal (terlalu sedikit atau terlalu banyak).

2. Perubahan Kepribadian

Perubahan ini akan berbanding terbalik dengan kepribadian aslinya. Dalam kasus tertentu lebih cenderung pada menutup diri dari lingkungan atau tidak mau untuk bersosialisasi dengan orang lain.

3. Perubahan Suasana Hati yang Tidak Wajar

Tanda seseorang yang mengalami gangguan jiwa selanjutnya adalah perubahan suasana hati (mood). Namun, perlu digaris bawahi perubahan suasana hati di sini adalah perubahan yang drastis atau tidak wajar dan berlangsung secara fluktuatif.

Misalnya, di pagi hari merasa sangat senang dan bersemangat kemudian menjelang siang berubah menjadi sangat sedih dan malas.

4. Tidak Memperdulikan Diri dan Lingkungan Sekitar

Penderita penyakit kejiwaan memiliki pola pikir yang cenderung tidak memperdulikan keberadaan mereka sendiri dan orang lain. Baik kesehatan maupun keselamatannya. Selain itu, seseorang yang mengalami gangguan kejiwaan juga tidak peduli dengan kebersihan.

Faktor tambahan adalah adanya masalah pada perilaku yang menyimpang di kesehariannya. Misalnya, kecanduan minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang bahkan yang lebih serius rasa ingin bunuh diri.

5. Sulit untuk Berfikir

Seseorang yang menderita gangguan jiwa akan memiliki kesulitan untuk berfikir. Baik untuk mengingat sesuatu, untuk fokus dan berkonsentrasi ataupun berfikir logis.

BACA JUGA  Ingin Jajal Terapi Kiropraktik? Coba Ketahui 7 Fakta Ini

Jika sudah parah, penderita akan mengalami halusinasi, paranoid (rasa takut berlebihan) hingga sulit membedakan antara mana yang nyata dan tidak.

Demikian tadi beberapa penjelasan mengenai tanda-tanda gangguan jiwa. Tanda-tanda tersebut bisa menjadi indikator untuk mencegah kondisi kejiwaan yang lebih parah.

TERBARU

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala dan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Berikut ini pemaparan dari...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom harus...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk mengatasi kecanduan dan masalah psikologis lainnya. Proses ini menggabungkan hipnosis, yaitu perubahan kesadaran yang diinduksi...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan efektif dalam mengatasi berbagai masalah emosional dan perilaku, termasuk adiksi. CBT didasarkan pada teori bahwa...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal dari pengobatan tradisional China. Praktiknya melibatkan seorang praktisi yang membakar ramuan moxa pada atau di...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia fisik atau yang disebut sekala dan dunia spiritual atau psikis yang disebut niskala. Dalam pengobatan...