Keseleo Bisa Diatasi Dengan Akupuntur, Efektifkah?

Terkilir atau keseleo bisa diatasi hanya dengan menggunakan terapi akupuntur, benarkah demikian? Keseleo terjadi karena adanya cedera jaringan yang menghubungkan 2 atau lebih tulang pada sendi. Simak penjelasannya berikut ini.

Benarkah Keseleo Bisa Diatasi Dengan Akupuntur?

Keseleo atau terkilir terjadi karena adanya cedera pada ligamen atau jaringan yang menghubungkan 2 atau lebih tulang di sendi. Bagian pergelangan kaki yang paling sering mengalami keseleo.

Keseleo dibagi menjadi 3 jenis berdasarkan dari tingkat keseriusannya, yaitu keseleo ringan yang ditandai dengan rasa nyeri, bengkak bahkan ada robekan kecil pada jaringan tapi tidak berdampak serius pada bagian sendi.

Keseleo sedang ditandai dengan adanya pembengkakan yang cukup parah dan ada nyeri atau ligamen yang robek sebagian juga cukup berpengaruh pada bagian sendi.

- Advertisement -

Sedangkan keseleo berat ditandai dengan jaringan atau ligamen yang putus dan membuat sendi kehilangan kestabilan. Hal ini bisa memberikan efek rasa nyeri yang menyiksa dan adanya pembengkakan parah serta rusak jaringan disekitarnya.

Kondisi ini biasanya terjadi karena beberapa aktivitas, seperti berjalan atau berolahraga di jalan yang berliku, melakukan gerakan berputar tanpa ada persiapan, terjatuh atau mendarat di posisi yang salah, teknik latihan yang salah dan kelelahan.

Keseleo atau terkilir ternyata bisa diatasi dengan melakukan terapi akupuntur. Nyeri di sendi dan juga pembengkakan yang terjadi bisa diatasi dengan melakukan terapi tusuk jarum ini.

Akupuntur juga bermanfaat untuk merilekskan tubuh pasien. Selain akupuntur, keseleo juga bisa diobati dengan fisioterapi atau pijat urut yang khusus jika area yang terkilir sudah cukup parah.

Sebelum melakukan terapi, Anda harus memastikan klinik dan ahli yang menjadi terapis Anda haruslah profesional dan bersertifikasi. Jadi, tidak sembarangan orang bisa melakukan terapi ini, terlebih lagi jika masalahnya cukup serius.

BACA JUGA  Tim Peneliti Harvard Temukan Fakta Sains di Balik Akupuntur

Keseleo yang mengakibatkan rusaknya jaringan dan nyeri sendi bisa diperbaiki hanya dengan menstimulasi area tertentu yang berhubungan dengan titik masalah.

Terapi asal Cina ini bisa menjadi pilihan alternatif atau terapi pelengkap untuk menyembuhkan pasien. Jadi, tertarikkah Anda untuk mencobanya?

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...