Terkilir atau keseleo bisa diatasi hanya dengan menggunakan terapi akupuntur, benarkah demikian? Keseleo terjadi karena adanya cedera jaringan yang menghubungkan 2 atau lebih tulang pada sendi. Simak penjelasannya berikut ini.

Benarkah Keseleo Bisa Diatasi Dengan Akupuntur?

Keseleo atau terkilir terjadi karena adanya cedera pada ligamen atau jaringan yang menghubungkan 2 atau lebih tulang di sendi. Bagian pergelangan kaki yang paling sering mengalami keseleo.

Keseleo dibagi menjadi 3 jenis berdasarkan dari tingkat keseriusannya, yaitu keseleo ringan yang ditandai dengan rasa nyeri, bengkak bahkan ada robekan kecil pada jaringan tapi tidak berdampak serius pada bagian sendi.

DIDUKUNG OLEH:

Keseleo sedang ditandai dengan adanya pembengkakan yang cukup parah dan ada nyeri atau ligamen yang robek sebagian juga cukup berpengaruh pada bagian sendi.

Sedangkan keseleo berat ditandai dengan jaringan atau ligamen yang putus dan membuat sendi kehilangan kestabilan. Hal ini bisa memberikan efek rasa nyeri yang menyiksa dan adanya pembengkakan parah serta rusak jaringan disekitarnya.

Kondisi ini biasanya terjadi karena beberapa aktivitas, seperti berjalan atau berolahraga di jalan yang berliku, melakukan gerakan berputar tanpa ada persiapan, terjatuh atau mendarat di posisi yang salah, teknik latihan yang salah dan kelelahan.

Keseleo atau terkilir ternyata bisa diatasi dengan melakukan terapi akupuntur. Nyeri di sendi dan juga pembengkakan yang terjadi bisa diatasi dengan melakukan terapi tusuk jarum ini.

Akupuntur juga bermanfaat untuk merilekskan tubuh pasien. Selain akupuntur, keseleo juga bisa diobati dengan fisioterapi atau pijat urut yang khusus jika area yang terkilir sudah cukup parah.

Sebelum melakukan terapi, Anda harus memastikan klinik dan ahli yang menjadi terapis Anda haruslah profesional dan bersertifikasi. Jadi, tidak sembarangan orang bisa melakukan terapi ini, terlebih lagi jika masalahnya cukup serius.

BACA JUGA  Manfaat Akupuntur Autoimun Untuk Kesehatan Tubuh

Keseleo yang mengakibatkan rusaknya jaringan dan nyeri sendi bisa diperbaiki hanya dengan menstimulasi area tertentu yang berhubungan dengan titik masalah.

Terapi asal Cina ini bisa menjadi pilihan alternatif atau terapi pelengkap untuk menyembuhkan pasien. Jadi, tertarikkah Anda untuk mencobanya?