Ketahui Efek Samping dan Manfaat dari Terapi Akupuntur

Akupuntur atau lazim disebut ilmu tusuk jarum adalah salah satu metode pengobatan tradisional yang berasal dari Tiongkok. Bagi kalangan yang tertarik hendak menjajal akupuntur, perlu mengetahui efek samping dan manfaat dari terapi akupuntur.

Pengobatan akupuntur biasanya menggunakan jarum yang tipis dan tajam, lalu jarum tersebut ditusukkan ke area tertentu yang ada di tubuh. Konon katanya pengobatan akupuntur ini bertujuan untuk mengaktifkan aliran chi yang biasa disebut meridian.

Belakangan pengobatan tradisional, seperti akupuntur, mulai dipilih oleh masyarakat sebagai salah satu alternatif pengobatan tradisional. Bahkan, situs Harvard Medical School turut menyebut bahwa terdapat peningkatan masyarakat Eropa terhadap pengobatan akupuntur.

Akupuntur merupakan pengobatan tradisional asal Tiongkok yang dipercaya telah ada sejak ribuan tahun lalu dengan cara menusukkan jarum pada sejumlah titik di tubuh dengan harapan merangsang aktivitas sel agar tubuh lebih bugar dan sehat.

Dilansir dari Tempo, berikut dipaparkan secara ringkas efek samping dan manfaat yang umumnya diperoleh saat mencoba terapi tusuk jarum akupuntur.

Efek Samping dan Manfaat Terapi Akupuntur

Efek Samping Akupuntur

1. Ruam Kulit

Apabila akupuntur tidak dilakukan secara profesional, terdapat kemungkinan pasien akan merasakan ruam kulit usai sesi pengobatan dilakukan. Biasanya, ruam kulit ini disebabkan oleh infeksi akibat injeksi jarum pada bagian tubuh.

2. Infeksi

Sebagaimana segala jenis pengobatan dengan jarum, apabila akupuntur tidak dilakukan dengan jarum yang steril dan baru, besar kemungkinan pasien justru akan terkena infeksi. Dalam beberapa kasus, infeksi akan menyebabkan tubuh demam hingga rasa kejang pada otot.

3. Kehilangan Kesadaran

Perlu diketahui bahwa pada dasarnya saraf dan sel di dalam tubuh manusia saling terhubung. Sebab itu, apabila praktisi akupuntur menusukkan jarum pada titik yang salah, terdapat potensi pasien akan hilang kesadaran.

BACA JUGA  Terapi Akupuntur Aman Bagi Ibu Hamil

Akupuntur melibatkan penggunaan benda tajam dalam hal ini jarum, bisa mengaruhi kondisi kesehatan pula, Anda disarankan untuk mencoba akupuntur hanya di klinik-klinik atau pusat kesehatan tepercaya dengan di bawah pengawasan dokter.

Manfaat Terapi Akupuntur

1. Mengurangi rasa nyeri

Salah satu manfaat utama akupuntur adalah mengurangi nyeri. Umumnya, tusuk jarum dilakukan pada bagian belakang tubuh, seperti punggung dan telapak kaki, guna mengurangi rasa pegal-pegal dan kecapekan. Dalam beberapa studi, akupuntur juga dipercaya mampu mengurangi rasa nyeri saat haid ataupun sesudah hamil.

2. Menghaluskan Kulit

Sebagaimana fungsi utamanya, akupuntur dapat merangsang neuron atau sistem saraf di dalam tubuh sehingga meningkatkan peredaran darah. Aliran darah yang lancar dan sehat di tubuh akan mendorong peningkatan produksi kolagen yang baik bagi kulit. Secara medis, kolagen berfungsi untuk mengencangkan kulit, mengurangi garis-garis halus, hingga membuat kulit tampak lebih segar.

3. Meningkatkan Kesuburan

Sama halnya dengan meningkatkan peredaran darah di kulit, akupuntur juga bermanfaat untuk memperbaiki sirkulasi darah pada organ seksual laki-laki dan perempuan. Sebab itu, akupuntur mampu merangsang produksi sel telur dan sel sperma agar memiliki kualitas lebih baik.

Meskipun akupuntur memiliki sejumlah manfaat, mulai dari kesehatan, kecantikan, hingga vitalitas, perlu dipahami juga bahwa akupuntur memiliki beberapa efek samping. Dikutip dari situs Ciputra Life berikut adalah sejumlah efek samping akupuntur.

Demikian penjabaran mengenai efek samping dan manfaat dari terapi akupuntur. Semoga info ini bermanfaat. [AB]

TERBARU

Prof. Sim Kie Jie: “Ingin Terus Menulis Akupuntur untuk Ilmu Pengobatan Tradisional Indonesia”

Situasi pandemi covid-19 lalu, memberi waktu luang bagi Praktisi...

Kiat Kontrol Kadar Gula Darah

Kondisi kadar gula darah yang tinggi biasa dikenal dengan...

Mengenal Brokoli, ‘Si Kribo’ Kaya Vitamin C

Dalam pola makan sehat yang menekankan asupan bergizi seimbang,...

Apa Itu Pijat Refleksi?

Merasa lelah dan jenuh saat bekerja adalah hal yang...

Horor COVID-19 di Tiongkok, Mulai Lockdown!

Seiring dengan kasus yang terus meningkat dan mencapai level...

Pilah Pilih Alat Refleksi

Salah satu sarana relaksasi yang tepat untuk menghilangkan pegal...

Cara Sederhana Membuat Jamu

Rempah-rempah merupakan sumber daya alam utama yang dimiliki Indonesia....

Ingin Jajal Terapi Jarum Akupuntur? Ini Efek Samping dan Cara Kerjanya

Akupuntur adalah pengobatan tradisional Tiongkok yang telah dikenal selama...

Mengenal Kulit Pohon Gandarusa yang Ampuh Atasi Rasa Sakit

Tanaman Gandarusa adalah sejenis tanaman perdu dengan karakter daun...

Membuat Jus Tak Perlu Cara Khusus

Mengonsumsi buah secara rutin bisa memberikan banyak manfaat. Mulai...

Prof. Sim Kie Jie: “Ingin Terus Menulis Akupuntur untuk Ilmu Pengobatan Tradisional Indonesia”

Situasi pandemi covid-19 lalu, memberi waktu luang bagi Praktisi senior Akupuntur dan TCM, Prof. Sim Kie Jie untuk menulis buku Ilmu Penyakit Menular Bersifat...

Kiat Kontrol Kadar Gula Darah

Kondisi kadar gula darah yang tinggi biasa dikenal dengan istilah hiperglikemia, istilah ini juga sering dikaitkan dengan diabetes dan pradiabetes. Benar bahwa kamu tidak...

Mengenal Brokoli, ‘Si Kribo’ Kaya Vitamin C

Dalam pola makan sehat yang menekankan asupan bergizi seimbang, brokoli hampir selalu ada di dalam makanan yang wajib untuk dikonsumsi. Meskipun banyak yang tidak...

Apa Itu Pijat Refleksi?

Merasa lelah dan jenuh saat bekerja adalah hal yang wajar, justru hal tersebut merupakan suatu sinyal yang menunjukkan kalau kamu kurang asupan makanan, jarang...

Horor COVID-19 di Tiongkok, Mulai Lockdown!

Seiring dengan kasus yang terus meningkat dan mencapai level tertinggi sejak lockdown Shanghai, Pemerintah China bertahan dengan strategi penahanan COVID-19 yang ketat hampir tiga tahun setelah...

Pilah Pilih Alat Refleksi

Salah satu sarana relaksasi yang tepat untuk menghilangkan pegal dan rasa kaku pada tubuh adalah pijat refleksi. Dilansir dari Wikipedia.org, pijat refleksi merupakan ilmu...