Lakukan Akupuntur Untuk Mengobati Penyakit Bell’s Palsy – Wajah menjadi bagian yang penting bagi semua orang. Dimana dibagian ini terdapat berbagai organ yang harus berfungsi dengan baik seperti mata, hidung, mulut dan lainnya. Pada bagian wajah, ada masalah yang mungkin saja bakal dirasakan. Salah satunya Bell’s palsy yang merupakan penyakit yang membuat salah satu sisi otot mengalami pelemahan.

Meski kerap disebutkan hanya terjadi sementara. Namun penyakit ini bisa membuat wajah seperti melorot. Masalah ini biasanya terjadi bagi wanita yang sedang hamil, terkena HIV hingga diabetes. Penyakit ini akan terjadi secara tiba-tiba, bagi orang yang belum paham ini akan membawa kepanikan tersendiri.

Lebih spesifiknya, penyakit ini bisa disebabkan karena kelumpuhan wajah turunan. Kemudian disebabkan karena kecelakaan yang membuat luka robek di bagian bahu dan tulang kerongkongan yang retak. Hingga cedera akibat operasi seperti ketika operasi kelenjar parotid. Masalah ini bisa sedikit teratasi dengan melakukan terapi akupuntur. Terapi yang berasal dari China ini memang dikenal ampuh.

Lakukan Akupuntur Untuk Penyakit Bell’s Palsy

Penelitian baru menunjukkan bahwa stimulasi panas dari titik akupunktur yang terletak di tangan baik untuk pasien penderita Bell’s Palsy atau sejenis kelumpuhan wajah. Aplikasi moksibusi (panas radiasi yang dihasilkan oleh pembakaran herbal) ke titik akupunktur LI4 (Hegu) terbukti menguntungkan simetri wajah dan mengembalikan suhu kulit wajah yang tepat.

Dengan menggunakan termografi inframerah, para peneliti menyimpulkan, “Stimulasi moksibusi di Hegu (LI4) tidak hanya meningkatkan sirkulasi global tetapi juga memiliki efek khusus pada bibir pada pasien kelumpuhan Bell’s Palsy”

Mengapa LI4 ada di tangan? Para peneliti mencatat bahwa studi MRI menunjukkan bahwa akupunktur pada acupoint LI4 menunjukkan perubahan yang mirip pada otak seperti electroacupuncture ke mulut. Selain itu, LI4 memotong “jalur aferen sensorik wajah dan mulut di sistem saraf pusat.” Selain itu, titik akupunktur LI4 telah secara historis ditunjukkan dalam pengobatan Tiongkok tradisional untuk perawatan Bell’s palsy. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba terapi ini.