Rumput Gandum atau yang lazim dikenal dengan wheatgrass kian popular di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Pasalnya, tumbuhan langka itu mujarab untuk mengatasi beragam gangguan kesehatan, di antaranya adalah untuk melunturkan lemak-lemak jahat di dalam tubuh.

DIDUKUNG OLEH:

” Secara klinis dan berdasarkan beragam penelitian, wheatgrass mengandung sejumlah zat anti oksidan, kaya akan nutrisi. Selain itu wheatgrass membantu Anda menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Anda tahu sendiri kan, kalau kadar kolesterol sudah tinggi, fatal akibatnya untuk kesehatan jantung. Jikalau Anda mengidap kadar gula gula darah tinggi alias diabetes, dengan mengonsumsi wheatgrass secara rutin, menjaga kadar gula darah tetap terkendali,” kata Andy Tang Pakar Kesehatan Nutrisi dalam acara Bincang Sehat yang diselenggarakan oleh YakinSehat.id, Senin (4/11/2019) lalu di Binjai, Sumatera Utara.

Acara “Bincang Sehat” yang diselenggarakan oleh YakinSehat.id, Senin (4/11/2019) lalu di Binjai, Sumatera Utara.

Wheatgrass mengandung klorofil, asam amino, mineral, vitamin, dan enzim yang bisa memberikan asupan nutrisi bagi tubuh. Seperti halnya tanaman rumput-rumputan lain, wheatgrass tak menganfung gluten dan sangat cocok untuk dikonsumsi jika Anda ingin menurunkan berat badan.

Andy menambahkan wheatgrass adalah cara termudah untuk menurunkan berat badan berkat kandungan tylakoids pada tanaman tersebut. Thylakoids dapat meningkatkan rasa kenyang dengan memperlambat pengosongan lambung dan mencegah terbentuknya hormon yang menimbulkan rasa lapar.

Sementara itu, Pendiri YakinSehat.id, dr. Jimi Wihono mengatakan saat ini semakin orang sibuk dengan pekerjaan, semakin banyak pula orang lupa untuk menjaga kesehatannya. Akibatnya, alih-alih mencegah, penyakit justru datang dan biaya berobat bisa jadi tak murah.

“Sangat miris sebenarnya. Tak sedikit di antara kita yang kerap alpa dengan semboyan utama kesehatan, bahwa untuk menjadi sehat lebih murah dengan cara mencegahnya, daripada mengobatinya. Dan tentu saja dengan giat jasmani melalui olahraga secara teratur dapat lebih efektif mencegah penyakit datang,” kata Jimi yang juga seorang dokter di Medan itu, [*]