Lima Obat Herbal Ini Ampuh Menurunkan Darah Tinggi

Kita kerap mendapatinya sebagai bumbu di dapur, namun ternyata kelimanya adalah obat herbal yang ampuh menurunkan darah tinggi.

Apa saja obat tradisional yang diklaim efektif untuk mengontrol darah tinggi? Untuk tahu lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Lima Obat Herbal Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami

Tekanan darah tinggi yang dibiarkan dalam waktu lama dan tidak ditangani dengan tepat bisa memicu kondisi yang lebih parah, seperti penyakit jantung atau stroke.

Meski tidak bisa disembuhkan, hipertensi atau tekanan darah tinggi tetap bisa dikontrol dengan minum obat dan menerapkan gaya hidup sehat. Banyak orang juga mencari alternatif mengatasi hipertensi, di antaranya konsumsi 6 untuk menurunkan darah tinggi secara alami.

1. Bawang putih
Pengidap hipertensi kerap disarankan untuk mengonsumsi bawang putih. Sebab, jenis tanaman yang satu ini bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi serta menjaga kesehatan pembuluh darah. Mengonsumsi bawang putih disebut bisa menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

2. Jahe
Pengidap hipertensi juga bisa menurunkan tekanan darah dengan mengonsumsi jahe. Tanaman ini sudah lama digunakan untuk membantu menjaga kesehatan organ jantung, termasuk kadar kolesterol dan tekanan darah.

3. Kayu manis
Selain sebagai penambah cita rasa masakan, kayu manis juga berpotensi menjadi salah satu obat tradisional hipertensi.

Meski begitu, kayu manis belum terbukti secara langsung bisa menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi sehingga studi lanjutan dibutuhkan untuk membuktikannya.

4. Seledri
Tanaman alami lain yang bisa dijadikan sebagai obat darah tinggi alami ialah seledri. Sayuran hijau ini mengandung senyawa kimia yang disebut phthalide.

Phthalide membantu mengendurkan jaringan pada dinding pembuluh arteri sehingga tekanan darah tinggi yang Anda alami bisa menurun.

BACA JUGA  Sedang viral di jagat Internet, Apa Sih Bipolar itu? Ini Tipe dan Cara Penanganan

Menambahkan seledri dalam menu makanan harian diyakini dapat meredakan gejala hipertensi seperti pusing, sakit kepala, dan nyeri bahu.

5. Daun Basil
Daun basil atau daun kemangi merupakan tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah. Daun kemangi memiliki kandungan eugenol yang disebut bisa menurunkan tekanan darah.

Selain bumbu dan rempah di atas, ada pula beberapa makanan penurun darah tinggi yang bisa Anda konsumsi, seperti sayuran hijau, buah-buahan, yoghurt, dan oatmeal.

Nah, itu tadi adalah lima bumbu dapur yang juga merupakan obat herbal untuk menurunkan darah tinggi secara alami. Selamat menikmati hidup sehat. [AB]

TERBARU

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan...

Mengenal Moksibusi: Definisi hingga Penerapannya

Moksibusi atau moxibustion adalah sebuah pengobatan luar yang berasal...

Mengenal Pengobatan Tradisional khas Bali

Orang Bali hidup dalam dua dunia yang berbeda: dunia...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ini Rempah Alami Indonesia untuk Jaga Kecantikan

foto: Unsplash/Ratul Ghoshfoto: Unsplash/Ratul Ghosh⁹Indonesia memiliki banyak sumber rempah-rempah alami yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Rempah-rempah ini lebih baik digunakan daripada produk...

11 Penyembuhan Alternative Kanker Menurut Mayo Clinic

pengobatan alternatif kankerPenderita kanker sering mencari pengobatan alternatif dan komplementer untuk mengatasi gejala dan efek samping dari perawatan kanker. Pengobatan alternatif biasanya tidak diberikan...

Pelayanan Kesehatan Tradisional di Indonesia: Dasar Hukum hingga Kemitraan

Pelayanan kesehatan tradisional telah diakui keberadaannya sejak dahulu kala dan dimanfaatkan oleh masyarakat dalam upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. Berikut ini pemaparan dari...

Seminar PIKTI: Integrative Care for Chronic Cough

Seminar untuk umum via Zoom Meeting Pendaftaran Gratis 📝 dapat E-Sertifikat (Untuk mendapatkan E-Sertifikat dimohon registrasi dulu & nama saat pendaftaran dan nama di Zoom harus...

Simak Kegunaan Hipnoterapi Dalam Mengatasi Kecanduan

Hipnoterapi adalah metode pengobatan berbasis bukti yang digunakan untuk mengatasi kecanduan dan masalah psikologis lainnya. Proses ini menggabungkan hipnosis, yaitu perubahan kesadaran yang diinduksi...

Mengenal Terapi CBT dan Cara Kerjanya Dalam Mengatasi Adiksi

Cognitive-behavioral therapy (CBT) adalah terapi psikologi yang populer dan efektif dalam mengatasi berbagai masalah emosional dan perilaku, termasuk adiksi. CBT didasarkan pada teori bahwa...