Lukas Enembe Disebut Derita Sakit Diabetes, Akupuntur Bisa Menyembuhkan?

Gubernur Papua Lukas Enembe menjadi viral karena belum memenuhi panggilan KPK. Menurut pengacaranya, Stefanus Roy Rening, sang gubernur tengah menjalani perawatan di Singapura karena salah satunya sakit gula darah tinggi. Apakah terapi akupuntur bisa menyembuhkan diabetes?

Selain diabetes, Stefanus mengatakan, kliennya juga menderita sakit ginjal, sakit jantung, dan kebocoran jantung yang sudah terjadi sejak dia masih kecil. Dokter yang memeriksanya selalu mengingatkan Lukas tidak boleh berada di bawah tekanan karena bisa mengakibatkan tekanan darah naik.

Akupuntur Menyembuhkan Diabetes

Terapi akupuntur adalah salah satu jenis terapi tradisional yang diklaim bisa menyembuhkan diabetes. Terapi ini berasal dari Tiongkok dan sudah menyebar di seluruh dunia.

Kadar gula darah yang tinggi menyebabkan seseorang terkena diabetes. Untuk mengobatinya, obat herbal dan juga terapi tradisional bisa digunakan sebagai cara penyembuhan optimal.

Pasien tidak hanya bisa bergantung pada obat yang diberikan dokter saja. Cara alami dan sederhana juga bisa dilakukan untuk membantu mengobati diabetes. Cara tradisional itu salah satunya adalah akupuntur.

Menurut ahli pengobatan Cina, munculnya penyakit disebabkan karena adanya ketidak seimbangan Qi di dalam tubuh. Diabetes terjadi ketika kadar gula dalam darah dan Qi di dalam tubuh tidak seimbang.

Agar gula di dalam darah kembali normal, akupuntur membantu mengatur sirkulasi darah dan aliran energi di dalam tubuh. Selain itu, akupuntur juga membantu meningkatkan fungsi dari pankreas dan kepekaan sel pada insulin.

Insulin sangat penting dan dibutuhkan untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Akupuntur membantu mengaktifkan hormon ini untuk membantu mengatasi diabetes.

Penusukan jarum yang dilakukan juga tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang. Karena, titik akupuntur yang digunakan haruslah tepat dan terhubung dengan masalah kesehatan yang diderita pasien.

BACA JUGA  Membantu Tidur Nyenyak Dengan Terapi Tradisional

Biasanya, terapis akan menusukkan jarum di area perut, tangan, kaki atau telinga. Dimanapun titik yang akan ditusuk, hal itu sudah dijelaskan dalam ilmu akupuntur. Oleh karena itu, sang terapis perlu sangat memahami akupuntur dan juga titik-titik akupuntur untuk kesehatan.

Selain membantu mengobati diabetes, terapi ini juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit hipertensi atau darah tinggi. Penyakit ini juga sama berbahayanya dengan diabetes.

Akupuntur akan mengontrol sirkulasi darah di dalam tubuh agar tetap normal, tidak kurang dan tidak lebih. Tidak hanya itu, akupuntur juga membuat tubuh terasa lebih segar setelah terapi.

Tertarikkah untuk mencobanya? Lakukan dengan ahli yang sudah berpengalaman dan memahami akupuntur. Jangan lakukan dengan sembarang orang.

Jika anda menetap atau dekat dengan kota Medan, ada dua tempat terapi akupuntur di Medan yang layak Anda coba ada di Klinik Hidup Baru dan Klinik Yakin Sehat. Anda akan dilayani oleh tenaga akupunturis berpengalaman.

Owner Klinik Hidup Baru dan Klinik Yakin Sehat di Medan, Dr Jimi Wihono, mengatakan, ada beberapa terapi akupuntur yang bisa dilakukan di Klinik Hidup Baru dan Klinik Yakin Sehat. Salah satunya adalah akupuntur Abdominalacupunture.

“Akupuntur tersebut memiliki keunggulan yaitu tanpa rasa sakit, jadi sangat cocok untuk pasien yang memang takut dengan jarum suntik,” ujarnya saat menerima Redaksi YakinSehat.id, baru-baru ini.

Klinik Hidup Baru berlokasi di Jalan Gaharu No 12 Simpang Tusam, sementara Klinik Yakin Sehat beralamat di di Jalan Boulevard Raya No 88 KK, Medan Estate. Dia menjelaskan klinik spesialisasi yang pertama di Indonesia yang menerapkan metode Adominalacupunture. [AB]

TERBARU

Kerokan, Metode Pengobatan Tradisional yang Sudah Berusia 2.000 Tahun

Kerokan adalah salah satu terapi yang jamak dilakukan ketika...

Astaga! Kantor Dokter AS ini Salah Menagih Biaya Perangkat Akupuntur Setara Rp16 Miliar

Melansir laman Cleveland, Departemen Kehakiman AS mengumumkan bahwa sebuah...

Bagaimana Terapi Akupuntur Bisa Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anda?

Akupunktur adalah salah satu bentuk pengobatan dalam Traditional Chinese...

Jangan Gegabah, Suplemen ini Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Obat

Suplemen adalah produk nutrisi tambahan yang sering dikonsumsi oleh...

Kemenkes Imbau Masyarakat Waspada terhadap beberapa Penyakit Tropis ini

Kementerian Kesehatan RI menghimbau masyarakat agar waspada terhadap beberapa...

Jadi Paham, Ternyata Ini Perbedaan Jamu, Obat Herbal Terstandar dan Fitofarmaka

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki kekayaan sumber hayati...

Peneliti Israel Dapati bahwa Akupuntur Tiongkok Kurangi Rasa Sakit dan Kecemasan selama Bedah

Akupunktur China dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kecemasan...

Mengapa Akupunktur Kini Masuk dalam Arus Utama Dunia Pengobatan? Berikut Penelusuran Reportase TIME

Krisis kecanduan opioid yang melonjak di AS sekitar satu...

Sempat Derita Stroke, Aktor Irgi Achmad Fahrezi Ungkap Pengobatan Alternatif ini Hingga Bisa Sembuh

Aktor sinetron Lupus Milenia, Achmad Fahrezi mengungkap bahwa dirinya...

Apa itu Wisata Kesehatan, yang Sedang Popular Digerakkan di KEK Sanur Bali?

Pemerintah melalui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga...

Kerokan, Metode Pengobatan Tradisional yang Sudah Berusia 2.000 Tahun

Kerokan adalah salah satu terapi yang jamak dilakukan ketika seseorang mengalami masuk angin. Ternyata metode pengobatan tradisional ini sudah berumur lebih dari 2.000 tahun....

Astaga! Kantor Dokter AS ini Salah Menagih Biaya Perangkat Akupuntur Setara Rp16 Miliar

Melansir laman Cleveland, Departemen Kehakiman AS mengumumkan bahwa sebuah kantor dokter di Ohio yang sudah tidak beroperasi, Westlake, salah menagih Medicare sebesar $1,1 juta...

Bagaimana Terapi Akupuntur Bisa Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anda?

Akupunktur adalah salah satu bentuk pengobatan dalam Traditional Chinese Medicine (TCM) yang berasal dari Cina dan memiliki sejarah yang sangat panjang, bahkan beberapa sumber...

Jangan Gegabah, Suplemen ini Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Obat

Suplemen adalah produk nutrisi tambahan yang sering dikonsumsi oleh orang untuk meningkatkan kesehatan dan membantu mengatasi masalah kesehatan tertentu. Meskipun suplemen dapat memberikan manfaat,...

Kemenkes Imbau Masyarakat Waspada terhadap beberapa Penyakit Tropis ini

Kementerian Kesehatan RI menghimbau masyarakat agar waspada terhadap beberapa penyakit tropis yang bisa mengancam kesehatan. Dalam keterangan rilisnya, Kemenkes RI mengatakan bahwa Badan Kesehatan Dunia...

Jadi Paham, Ternyata Ini Perbedaan Jamu, Obat Herbal Terstandar dan Fitofarmaka

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki kekayaan sumber hayati yang luar biasa, termasuk tumbuh-tumbuhan. Salah satu tumbuhan yang sangat berguna bagi kesehatan manusia adalah...