Macam-macam Gangguan Jiwa, Bisa Jadi Kita Pernah Mengalaminya

Ternyata gangguan jiwa tidak hanya identik dengan gila atau tidak waras. Gangguan jiwa atau sakit jiwa merupakan sebuah gangguan mental yang memang banyak macamnya. Umumnya dipicu karena problematika hidup. Lalu sebenarnya apa saja sih macam-macam gangguan jiwa?

Secara garis besar, gangguan kejiwaan dapat digolongkan menjadi dua, yaitu gangguan kepribadian dan kecanduan terhadap sesuatu. Namun, secara umum ada banyak kondisi kesehatan yang masuk dalam kategori gangguan kejiwaan atau sakit jiwa. Sobat sehat bisa menyimak penjelasannya berikut ini.

1. Gangguan Kecemasan

Gangguan kecemasan yang dimaksud adalah tidak terkontrolnya perasaan takut dan panik. Sehingga, perasaan tersebut datang secara berlebihan. Selain itu, bisa juga berupa rasa takut dan fobia terhadap sesuatu yang sulit dikendalikan dan terus mengganggu aktivitas keseharian.

2. Gangguan Sikap atau Mood

Gangguan sikap atau mood akan berdampak pada perasaan yang berlarut-larut atau perasaan yang mudah berubah-ubah secara fluktuatif. Sedikit sedih lalu sedikit gembira ataupun sebaliknya. Bentuk gangguan ini, seperti depresi, bipolar dan kiklomik.

- Advertisement -

3. Gangguan Tidak Mampu Mengontrol Keinginan

Seseorang yang mengalami gangguan ini akan sulit menolak dorongan yang berasal dari dalam dirinya. Bahkan untuk sesuatu yang membahayakan sekalipun. Baik untuk dirinya maupun untuk orang lain.

Gangguan tidak mampu mengontrol keinginan seperti, kecanduan terhadap minuman keras dan obat-obatan, kleptomania (mencuri barang-barang kecil) dan piromania (suka menyulut api).

4. Gangguan Kepribadian

Gangguan ini memiliki karakteristik atau kepribadian yang ekstream, kaku dan cenderung menyimpang dengan kebiasaan masyarakat. Gangguan kepribadian seperti, antisosial dan paranoid.

5. Gangguan Psikosis

Seseorang yang mengalami gangguan psikosis pikiran dan kesadarannya akan kacau dan tidak terkendali. Seperti, halusinasi dan delusi.

BACA JUGA  Kemenkes RI: Obat Herbal Jadi Bagian Konsep Farmasi Hijau

6. Gangguan Pola Makan

Gangguan ini mempengaruhi perilaku, emosi dan kebiasaan yang berkaitan dengan pola makan dan berat badan. Gangguan pola makan seperti, anorexia nervosa (ketakutan yang berlebihan terhadap kenaikan berat badan).

7. Gangguan Penyesuaian (sindrom respons)

Gangguan ini berkaitan dengan perubahan emosi seseorang saat berada dalam posisi tertekan, seperti mengalami kebangkrutan, perceraian, terkena bencana alam atau kehilangan pekerjaan.

8. Gangguan Seksual dan Gender

Seseorang yang mengalami gangguan ini memiliki gairah dan perilaku seksual yang abnormal, seperti parafilia dan identitas gender.

Itulah tadi macam-macam gangguan jiwa. Selalu atur pola hidup sehat sehingga jiwa terhindar dari gangguan mental atau kejiwaan.

TERBARU

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan...

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif,...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya...

Mengenal Ventosa, Alat Kesehatan Tradisional dari Eropa yang Mirip Bekam

Terapi Ventosa, yang mirip dengan bekam, adalah salah satu...

Fitofarmaka, Memanfaatkan Kekuatan Obat Herbal untuk Kesehatan dan Kesejahteraan

Fitofarmaka, juga dikenal sebagai obat herbal, merupakan produk yang...

Cuaca Panas, Kemenkes Imbau Jemaah Haji Waspada 5 Penyakit ini

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menghimbau jemaah haji Indonesia waspada dengan...

Mengenal Terapi Herbal dari Kashmir

Dikenal karena keanekaragaman hayatinya, Kashmir merupakan tempat yang kaya...

Menkes Budi Launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) Semarang

Pada tanggal 30 Mei, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara resmi launching Wingko (Wolbachia Ing Kota) di Kota Semarang. Wolbachia merupakan salah satu inovasi dalam...

Pakar Akupuntur Jelaskan Manfaat TCM dalam Menyembuhkan Demensia

Manfaat TCM dalam menyembuhkan demensia semakin mendapatkan perhatian sebagai alternatif yang menjanjikan. Pengobatan Tradisional Cina (TCM) telah lama dikenal sebagai pendekatan holistik dalam menjaga...

Makanan Untuk Mengatasi Cemas Asal Jepang yang Bisa Anda Coba

Para peneliti di Osaka Metropolitan University telah melakukan penemuan menarik yang dapat mengubah cara kita memandang makanan dalam menjaga kesehatan mental dan mengurangi stres....

Memahami Apa itu Integrative Medicine

Integrative Medicine, atau yang dikenal juga sebagai pengobatan integratif, merupakan pendekatan medis yang menggabungkan metode-metode konvensional dengan terapi komplementer dan alternatif. Konsep ini berfokus...

Kemenkes Beri Penghargaan Inovator Teknologi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI baru-baru ini memberikan penghargaan kepada para inovator teknologi kesehatan terbaik di Indonesia dalam acara Health Innovation Day 2023. Penghargaan dari Kemenkes...

Termasuk Penyembuh HIV/AIDS, Berikut Beberapa Pengobatan Herbal Terkenal dari Afrika

Pengobatan herbal tradisional telah menjadi bagian penting dari budaya Afrika selama ribuan tahun. Benua ini kaya akan sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis...