Banyak di antara kita yang menginginkan hidup sehat. Salah satunya dengan cara mengatur pola makan yang baik dan makan makanan yang sehat serta bergizi. Namun, apakah anda tahu bahwa ada makan yang terlihat sehat tapi sebenarnya mengandung racun alami.

DIDUKUNG OLEH:

Nah, makanan-makanan tersebut ternyata sering kali kita konsumsi. Hal ini tidak bisa disepelekan loh sahabat sehat karena jika salah mengolahnya maka berakibat fatal. Alih-alih ingin makan enak tapi malah keracunan.

Lalu apa saja sih makanan-makanan beracun tersebut? Berikut adalah makanan beracun yang sering kali dikonsumsi:

1. Jengkol

Siapa sangka bahwa makanan favorit yang banyak ditemui di rumah makan ini ternyata mengandung racun. Jengkol menyimpan racun alami berupa kadar asam amino yang tinggi. Pengolahan jengkol yang belum lepas (matang) dan mengkonsumsinya dalam jumlah banyak dapat memicu keracunan, seperti rasa mual, muntah dan nyeri pada perut.

2. Singkong

Umbi-umbian yang satu ini ternyata menyimpan racun Glikosida Sianogenik atau lebih sering disebut sianida. Kadar sianida pada singkong cukup tinggi. Oleh karena itu, jika pengelolaannya tidak benar bisa menimbulkan keracunan.

Gejala yang muncul akibat keracunan singkong, seperti mual, muntah-muntah, pernapasan cepat hingga kesadaran turun dan koma. Sebaiknya, saat mengolah singkong rebuslah hingga benar-benar matang sehingga racun tersebut bisa larut dan hilang.

3. Ikan Fugu (Ikan Buntal)

Ikan Fugu atau ikan buntal ini memiliki racun yang sangat berbahaya. Tingkat racunya 1.200 kali lebih mematikan dibandingkan dengan sianida. Maka tidak heran jika ikan ini bisa memicu kematian.

Oleh karena itu, untuk mengkonsumsinya tidak sembarangan perlu cara khusus dalam memasaknya.

4. Bayam

Bayam yang merupakan sayuran bervitamin ini ternyata juga menyimpan racun. Apabila bayam dimasak terlalu lama (terlalu matang) atau dimasak hingga 2 kali akan memicu racun asam oksalat.

Asam ini cukup berbahaya karena dapat memicu tumbuhnya kanker. Sepele bukan? Tapi tidak boleh diabaikan.

5. Kerang Darah

Salah satu makanan laut yang beracun adalah kerang darah. Kerang jenis ini mengandung banyak bakteri dan virus penyebab hepatitis. Bakteri bisa timbul dari lingkungan kerang tempat tinggal.

Oleh karena itu, penting untuk memasaknya hingga benar-benar matang. Sehingga bakteri dan virus bisa mati.

Itulah tadi beberapa makanan beracun yang kerap kali dikonsumsi. Penting untuk diperhatikan dalam proses memasaknya agar racunnya bisa hilang.