Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis atau penyakit yang berlangsung dalam waktu jangka panjang. Penderita penyakit ini ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah (glukosa) yang tinggi hingga di atas normal. Penyebab diabetes sendiri bermacam-macam salah satunya dari makanan.

Dalam beberapa kasus diabetes dapat menimbulkan penyakit komplikasi dan bisa membahayakan nyawa penderitanya. Hal ini disebabkan karena penumpukan glukosa pada darah yang tidak bisa diserap oleh sel tubuh (insulin). Oleh karena itu, keberadaannya perlu diwaspadai karena pengobatannya juga butuh waktu yang cukup lama.

Seperti yang dikatakan tadi penyebab diabetes salah satunya dari makanan. Ternyata makanan-makanan penyebab diabetes zaman sekarang mudah ditemukan. Nah, apa saja sih makanannya? Berikut adalah beberapa makanan yang bisa memicu timbulnya penyakit diabetes:

1. Karbohidrat Olahan

Makanan pertama yang dapat memicu diabetes ada karbohidrat olahan. Makanan jenis ini seperti roti, mie, pasta, permen dan biskuit. Makanan-makanan tersebut mengandung karbohidrat olahan sederhana yang memang kurang bagus bagi kesehatan tubuh.

Dalam sebuah penelitian ketika karbohidrat diolah maka vitamin dan mineralnya akan hilang. Sehingga yang tersisa hanya asupan kalori tinggi gula tanpa nutrisi tambahan. Hal ini lah yang menjadi salah satu pemicu penyakit diabetes.

2. Lemak Trans dan Jenuh

Makanan berlemak jenuh merupakan makanan tinggi kolestrol. Seperti yang diketahui bahwa kolestrol dapat memicu terjadinya diabetes. Salah satu makanan yang mengandung lemak jenuh, seperti daging, mentega dan keju.

Sementara itu, lemak trans merupakan lemak tak jenuh. Lemak ini juga sama dapat meningkatkan resiko diabetes secara langsung. Misalnya makanan-makanan yang digoreng atau makanan yang ada dalam kemasan.

3. Minuman Manis

Setelah makanan, minuman tinggi gula juga menjadi pemicu penyakit diabetes. Kandungan gula yang tinggi ini dapat menyebabkan terjadinya resistensi insulin. Sehingga dapat meningkatkan resiko diabetes.

Maka ada baiknya menghindari minuman tinggi gula dan mengikuti gaya hidup sehat, seperti olah raga yang teratur.

Itulah tadi beberapa makanan penyebab diabetes. Seperti yang kita tahu makanan-makanan tersebut mudah sekali dijumpai. Maka untuk mencegah diabetes ada baiknya untuk selalu menjaga pola makan dengan makan makanan sehat dan bergizi setiap hari karena mencegah lebih baik daripada mengobati.