Sesuatu yang berlebihan pasti tidaklah baik, begitupula dengan tubuh seseorang jika terlalu kurus akan merasa tidak percaya diri dan berbagai macam makanan penambah berat badan sangat dibutuhkan dalam kasus ini. Di kesempatan kali ini kita akan membahas seputar berbagai macam makanan yang dapat dikonsumsi untuk menambah berat badan.

DIDUKUNG OLEH:

Jika seseorang mengalami kekurangan berat badan, maka akan timbul beberapa resiko dalam tubuhnya seperti:

  • Kekurangan gizi atau anemia
  • Kekurangan vitamin
  • Osteoporosis
  • Penurunan fungsi imun
  • Siklus menstruasi tidak teratur
  • Masalah pertumbuhan dan perkembangan

Berbagai Macam Makanan Penambah Berat Badan

Demi mencegah resiko yang akan terjadi jika kita terlalu kurus, maka perlu mengkonsumsi berbagai macam jenis makanan yang dapat menambah berat badan, yaitu:

1. Nasi

Nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia, mengandung karbohidrat yang bisa menambah energi dan kalori yang tinggi cocok sebagai salah satu jenis makanan penambah berat badan.

2. Daging Merah

Merupakan salah satu makanan yang kaya akan nutrisi dibandingkan dengan junk food. Konsumsilah daging merah untuk menambah berat badan seperti daging sapi dan kambing.

3. Alpukat

Salah satu jenis buah yang bisa menambah berat badan karena mengandung 168 kalori untuk setiap 100 gramnya.

4. Susu

Salah satu minuman yang mengandung kalsium ini bisa menambah berat badan juga loh!. Susu terutama susu fullcream merupakan sumber karbohidrat, protein dan lemak yang bisa menambah berat badan. Di sarankan saat sarapan dan sebelum tidur adalah waktu terbaik untuk meminum susu.

5. Keju

Makanan hasil fermentasi ini mengandung 113 kalori, 3 gram lemak tidak jenuh dan 6 gram lemak jenuh tiap ons nya. Konsumsilah keju untuk menambah berat badan khususnya keju mozarella.

6. Kentang

Selain mengandung protein yang tinggi, kentang juga memiliki vitamin C dan kandungan serat yang banyak. Konsumsilah kentang yang di goreng karena memiliki jumlah kalori yang lebih besar.

7. Telur

Mengandung vitamin A, D dan E juga kolesterol baik dan protein yang membuat telur bisa dijadikan salah satu makanan penambah berat badan. Selain telur ayam, telur puyuh juga bisa menaikkan berat badan.

Sesuatu yang terlalu berlebihan memang tidak baik, jika tubuh terlalu kurus maka akan timbul berbagai macam penyakit dan pasti makanan penambah berat badan harus di konsumsi agar mendapatkan tubuh yang ideal. Jagalah kesehatan dan aturlah pola makan agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit.