Manfaat Akupuntur Meningkatkan Variabilitas Detak Jantung – Jantung merupakan bagian tubuh manusia yang begitu penting. Organ tubuh ini akan terus berdetak selama manusia masih hidup. Kesehatan jantung begitu penting, oleh karena itu jangan sampai ada masalah yang terjadi para organ tubuh ini.

DIDUKUNG OLEH:

Fungsi utama jantung yakni untuk mengalirkan darah yang mengandung oksigen menuju ke seluruh bagian tubuh. Jantung juga yang akan mengalirkan berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh melalui darah yang dialirkan ini. Jadi peran jantung memang begitu penting dalam kelangsungan hidup seseorang.

Salah satu pertanda jantung berada dalam kondisi normal, bisa diketahui dari detak jantungnya. Dalam kurun waktu tertantu, jantung akan berdetak dan bisa dirasakan oleh manusia. Jika detak jantung manusia normal, bisa dipastikan tidak ada masalah pada orang tersebut. Perasaan yang tenang juga membuat detak jantung menjadi normal. Untuk meningkatkan variabibitas detak jantung, bisa dilakukan dengan akupuntur.

Manfaat Akupuntur Meningkatkan Variabilitas Detak Jantung

Para peneliti telah menemukan bahwa akupunktur auricular bermanfaat bagi jantung dengan meningkatkan variabilitas detak jantung (HRV). HRV adalah kemampuan tubuh untuk mengatur interval waktu antara detak jantung dan merupakan indeks kemampuan tubuh untuk mempertahankan kontrol dari denyut jantung dan ritme melalui aktivitas saraf vagus.

Penurunan HRV ditemukan pada individu yang tidak sehat dan sangat tertekan. Kemampuan akupunktur untuk meningkatkan HRV sangat penting karena berkurangnya HRV terkait dengan kematian setelah infark miokard, gagal jantung kongestif, neuropati diabetes dan tingkat kelangsungan hidup yang rendah pada bayi prematur. Pengurangan HRV juga umum pada pasien dengan PTSD (post-traumatic stress syndrome) dan untuk individu dengan peningkatan denyut jantung karena stres.

Para peneliti dari International Society for Autonomic Neuroscience menemukan hasil serupa tahun lalu. Mereka mengukur bahwa titik akupunktur tusuk jarum CV17 meningkatkan HRV. Mereka menyimpulkan bahwa akupunktur di CV17 “menyebabkan modulasi fungsi otonom jantung.” Penelitian ini mengukur mekanisme di mana akupunktur di CV17 mampu mengaktifkan sistem saraf otonom untuk mengontrol denyut jantung dengan meningkatkan aktivitas vagal.