Manfaat Akupuntur Untuk Atasi Plantar Fasciitis

Manfaat Akupuntur Untuk Atasi Plantar Fasciitis – Sebagian dari Anda mungkin belum mengenal istilah plantar fasciitis. Plantar fasciitis merupakan salah satu penyebab terjadinya rasa nyeri tumit yang umumnya terjadi. Hal ini disebabkan karena adanya peradangan jaringan ikat di bagian bawah tumit dan juga telapak kaki. Ini yang menjadi penghubung antara tulang tumit dan jari-jari kaki.

Rasa nyeri seperti tertusuk pada bagian tumit akan dirasakan ketika gejala plantar fasciitis ini menyerang. Umumnya, rasa nyeri yang paling parah akan dirasakan pada saat pagi hari. Atau jika penderita berdiri dalam waktu yang lama. Penderita yang berolahraga akan merasakan rasa nyeri setelah olahraga selesai, jadi bukan ketika berolahraga.

Faktor usia ternyata menjadi salah satu penyebab masalah ini. Penyakit ini bisa dialami oleh mereka yang berusia antara 40 sampai 60 tahun. Penyebab lainnya terjadi ketika melakukan olahraga dengan cara melompat. Kemudian karena berat badan yang berlebihan juga membuat tumit menahan beban yang berlebih. Hingga berdiri dalam durasi waktu yang lama.

Manfaat Akupuntur Untuk Atasi Plantar Fasciitis

Penelitian baru menyimpulkan bahwa akupunktur efektif untuk mengobati plantar fasciitis, kondisi peradangan kaki yang menyakitkan. Plantar fasciitis biasanya timbul dengan rasa sakit di bagian bawah kaki dan tumit. Rasa sakit sering paling parah ketika pertama kali melangkah keluar dari tempat tidur ke lantai di pagi hari. Tanda lain plantar fasciitis adalah nyeri pada dorsofleksi, mengangkat kaki ke arah tulang kering.

Dalam penyelidikan klinis terkontrol ini, kelompok akupunktur menunjukkan pengurangan yang signifikan dalam nyeri kaki sementara kelompok kontrol hanya menunjukkan perubahan minimal. Kelompok kontrol menerima lima minggu obat analgesik, latihan peregangan dan modifikasi sepatu. Kelompok akupunktur menerima terapi yang sama plus perawatan akupuntur elektrik. Para peneliti menyimpulkan bahwa, “Akupuntur elektrik yang digabungkan dengan perawatan konvensional memberikan tingkat keberhasilan 80% pada planar fasciitis kronis yang lebih efektif daripada perawatan konvensional saja.”

BACA JUGA  Gunakan Akupuntur Untuk Mengurangi Rasa Sakit

Studi terbaru lainnya menunjukkan bahwa akupunktur efektif untuk pengobatan nyeri tumit plantar. Para peneliti mencatat bahwa akupunktur memiliki peningkatan yang lebih signifikan baik dalam penghilang rasa sakit dan pemulihan fungsi daripada rezim perawatan standar yang mencakup obat anti-inflamasi non-steroid. Berdasarkan temuan ini, para peneliti secara resmi merekomendasikan akupunktur untuk pengobatan nyeri tumit plantar.

Referensi :

The American Journal of Chinese Medicine, An International Journal of Comparative Medicine East and West. Efficacy of Electro-Acupuncture in Chronic Plantar Fasciitis: A Randomized Controlled Trial. Wipoo Kumnerddee and Nitsara Pattapong. Volume 40, Issue 06, 2012.

Shi Ping Zhang, Tsui-Pik Yip, and Qiu-Shi Li.  Acupuncture Treatment for Plantar Fasciitis: A Randomized Controlled Trial with Six Months Follow-Up. Evidence-Based Complementary and Alternative, Medicine, Volume 2011 (2011), Article ID 154108.

Acupunct Med. doi:10.1136/acupmed-2012-010183. The effectiveness of acupuncture for plantar heel pain: a systematic review. Richard James Clark, Maria Tighe.

TERBARU

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Artis Drakor ini Sukses Rampingkan Tubuh dengan Diet Sehat, Bagaimana dengan Terapi Yang Sheng?

Artis cantik pemeran drama Korea 'The Heirs', Park Shin...

Apa itu Terapi Bekam? Apa saja Manfaatnya?

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif yang kuno yang...

Apakah Terapi Akupuntur Efektif untuk Nyeri Punggung, Ini Penjelasan Riset

Akupunktur adalah salah satu teknik pengobatan alternatif yang telah...

Begini Hubungan Antara Trauma Dengan Adiksi Menurut Psikolog UI

Trauma memiliki hubungan yang erat dengan perilaku adiksi terhadap...

Viral Gegara Wanita asal Negeri Kangguru, Apa itu Kondisi Gigantomastia?

Belum lama ini, media memberitakan seorang wanita asal Australia...

Apakah Timur Tengah Menggeliat Jadi Destinasi Wisata Kesehatan Besar Masa Depan?

Timur Tengah di masa depan akan menjadi destinasi wisata...

Kasusnya Mulai Turun di Indonesia, Apa itu Stunting? Bagaimana Mengatasinya dengan Pengobatan Tradisional?

Baru-baru ini Kementerian Kesehatan mengumumkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) pada anak dan balita. Prevalensi stunting di Indonesia turun dari 24,4 persen di...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang telah digunakan selama ribuan tahun dalam Pengobatan Tradisional Cina (TCM). Melansir laman Xinhuanet di Zimbabwe,...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang meninggal dunia setelah meminum jamu dari campuran daun kecipir dan kencur. Hal ini mengingatkan kita...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan dampak negatif tidak hanya pada individu yang mengalami adiksi, tetapi juga pada keluarga dan masyarakat....

Artis Drakor ini Sukses Rampingkan Tubuh dengan Diet Sehat, Bagaimana dengan Terapi Yang Sheng?

Artis cantik pemeran drama Korea 'The Heirs', Park Shin Hye, menyita perhatian publik ketika membagikan menu diet sehatnya, untuk mendapatikan kembali tubuh langsing. Melansir...

Apa itu Terapi Bekam? Apa saja Manfaatnya?

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif yang kuno yang telah digunakan selama ribuan tahun. Dari budaya Mesir kuno hingga Cina dan Timur Tengah, terapi...