Manfaat Akupuntur Untuk Bumil Hingga Pascamelahirkan

Apakah akupuntur boleh dilakukan pada ibu hamil? Jika iya, lalu apa manfaat akupuntur untuk bumil? Pertanyaan tersebut kerap kali ditanyakan jika ibu hamil atau bumil ingin mencoba melakukan akupuntur.

Terapi asal Cina ini memiliki banyak manfaat untuk mengatasi masalah penyakit yang ada di tubuh, dari masalah fisik hingga mental. Bahkan, akupuntur juga diklaim bisa digunakan sebagai pengobatan tambahan pagi penderita stroke.

Lalu, apakah akupuntur bisa digunakan bagi ibu hamil? Simak penjelasannya di bawah ini.

Peran dan Manfaat Akupuntur Untuk Bumil

Selain bisa menjadi pengobatan tambahan, akupuntur juga bisa digunakan sebagai pengobat stres hingga depresi. Kondisi mental tersebut bisa saja terjadi pada setiap orang, termasuk ibu hamil.

Lalu, jika ibu hamil memiliki keluhan dan ingin melakukan terapi tradisional ini, apa manfaat yang akan diterima oleh ibu tersebut? Akupuntur dikenal sebagai pengobat rasa nyeri, terapi ini pun bisa digunakan oleh pria maupun wanita.

Manfaat akupuntur untuk wanita ialah salah satunya bisa dimanfaatkan untuk merencanakan kehamilan hingga melahirkan. Hal ini diutarakan langsung oleh dokter spesialis akupuntur.

dr. Hety, Sp.Ak, merupakan seorang dokter spesialis akupuntur yang mengatakan bahwa terapi akupuntur bisa digunakan saat sebelum kehamilan, masa saat hamil, saat melahirkan hingga pascamelahirkan.

Contoh sebelum kehamilan adalah akupuntur bisa digunakan untuk mengatasi infertilitas. Dengan melakukan terapi akupuntur, keseimbangan hormon bisa diperbaiki dan bisa meningkatkan aliran darah ke rahim.

Di masa kehamilan, akupuntur bermanfaat untuk mengatasi mual, pegal-pegal dan muntah. Saat proses melahirkan pun, akupuntur bisa bermanfaat untuk meredakan stres dan juga mengurangi nyeri saat proses persalinan.

Tidak hanya itu, akupuntur juga bisa meningkatkan jumlah ASI, mengurangi stres, menyeimbangkan hormon tubuh dan meningkatkan kebugaran.

BACA JUGA  Mengobati Hiperkolesterolemia Dengan Akupuntur

Saat pascamelahirkan pun, akupuntur bisa mengurangi terjadinya kondisi baby blues syndrome yang menyerang psikologis sang ibu.

Karena, akupuntur bisa mengurangi stres, memberikan efek relaksasi dan juga kenyamanan pada si ibu, sehingga kondisi psikologis yang rentan terhadap hal yang tidak diinginkan bisa dihindari.

Itulah manfaat akupuntur untuk bumil atau ibu hamil, namun hal ini tentu saja tidak bisa sembarangan dilakukan. Perlu adanya konsultasi pada dokter dan ahli akupuntur sebelum melakukan terapi agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

TERBARU

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan...

Artis Drakor ini Sukses Rampingkan Tubuh dengan Diet Sehat, Bagaimana dengan Terapi Yang Sheng?

Artis cantik pemeran drama Korea 'The Heirs', Park Shin...

Apa itu Terapi Bekam? Apa saja Manfaatnya?

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif yang kuno yang...

Apakah Terapi Akupuntur Efektif untuk Nyeri Punggung, Ini Penjelasan Riset

Akupunktur adalah salah satu teknik pengobatan alternatif yang telah...

Begini Hubungan Antara Trauma Dengan Adiksi Menurut Psikolog UI

Trauma memiliki hubungan yang erat dengan perilaku adiksi terhadap...

Viral Gegara Wanita asal Negeri Kangguru, Apa itu Kondisi Gigantomastia?

Belum lama ini, media memberitakan seorang wanita asal Australia...

Apakah Timur Tengah Menggeliat Jadi Destinasi Wisata Kesehatan Besar Masa Depan?

Timur Tengah di masa depan akan menjadi destinasi wisata...

Mendalami Sejarah Herbal Ginseng, Hingga Manfaatnya Terutama bagi Kecantikan

Ginseng adalah tumbuhan yang memiliki sejarah panjang di kawasan...

Akupunturis di Zimbabwe Jadikan TCM Terjangkau bagi Penduduk setempat

Akupunktur adalah salah satu bentuk terapi medis alternatif yang telah digunakan selama ribuan tahun dalam Pengobatan Tradisional Cina (TCM). Melansir laman Xinhuanet di Zimbabwe,...

Ahli Kesehatan Tradisional Himbau Ramuan Herbal Tak Boleh Diberikan kepada Bayi, Kenapa?

Beberapa waktu lalu, viral soal bayi 54 hari yang meninggal dunia setelah meminum jamu dari campuran daun kecipir dan kencur. Hal ini mengingatkan kita...

Simak Rekomendasi Cara Mengatasi Adiksi Narkoba Menurut Psikolog UI

foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiyaAdiksi narkoba merupakan masalah serius yang menyebabkan dampak negatif tidak hanya pada individu yang mengalami adiksi, tetapi juga pada keluarga dan masyarakat....

Artis Drakor ini Sukses Rampingkan Tubuh dengan Diet Sehat, Bagaimana dengan Terapi Yang Sheng?

Artis cantik pemeran drama Korea 'The Heirs', Park Shin Hye, menyita perhatian publik ketika membagikan menu diet sehatnya, untuk mendapatikan kembali tubuh langsing. Melansir...

Apa itu Terapi Bekam? Apa saja Manfaatnya?

Terapi bekam adalah bentuk pengobatan alternatif yang kuno yang telah digunakan selama ribuan tahun. Dari budaya Mesir kuno hingga Cina dan Timur Tengah, terapi...

Apakah Terapi Akupuntur Efektif untuk Nyeri Punggung, Ini Penjelasan Riset

Akupunktur adalah salah satu teknik pengobatan alternatif yang telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati berbagai kondisi, termasuk nyeri punggung. Namun, sampai saat ini, para...