Manfaat Akupuntur Untuk Fibromyalgia Pada Anak – Sebagian besar dari Anda mungkin belum mengenal istilah Fibromyalgia. Fibromyalgia sendiri bisa diartikan sebagai penyakit yang muncul dengan rasa nyeri di seluruh bagian tubuh. Penderita akan mudah merasa lelah dan kesulitan untu bisa ditidur. Penyakit ini bisa disebabkan karena pola hidup yang kurang sehat.

DIDUKUNG OLEH:

Pasien yang mengalami penyakit ini tentu akan kesulitan untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hingga membuat mereka bisa menagalami depresi akibat pekerjaannya kacau. Siapapun bisa mengalami penyakit yang satu ini, tidak terkecuali dengan anak-anak. Jika ini terjadi pada anak-anak, tentu bisa membuat mereka tidak nyaman. Apalagi anak masih belum paham dengan penyakit.

Penderita Firbomyalgia akan mengalani penurunan kualitas tidur. Kemudian kekuatan otot yang menjadi parah, sakit kepala, gangguan kogniftif hingga sering merasa kepanasan. Penyakit ini umumnya disebabkan karena gangguan tidur, gangguan senyawa kimia, perubahan mutasi gen hingga pernah mengalami cedera. Salah satu cara mengatasi penyakit ini yang menyerang anak bisa melalui terapi akupuntur.

Manfaat Akupuntur Untuk Fibromyalgia Pada Anak

Sebuah studi baru menyimpulkan bahwa, “Akupunktur adalah modalitas pengobatan Tiongkok tradisional yang dapat digunakan pada pasien anak yang mengalami fibromyalgia.” Fibromyalgia adalah gangguan yang melibatkan rasa sakit yang meluas, peningkatan sensasi rasa sakit pada tekanan dan gejala terkait seperti kelelahan, insomnia dan nyeri sendi. Studi ini diikuti pasien dengan riwayat fibromyalgia remaja untuk periode delapan tahun berturut-turut.

Semua pasien memiliki setidaknya 11 sesi akupunktur mingguan dan evaluasi dilakukan sebelum dan sesudah sesi akupunktur. Evaluasi diukur nyeri muskuloskeletal, VAS (pain analog analog scale), indeks mialgik dan algometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akupunktur efektif untuk mengurangi jumlah daerah sensitif nyeri, meningkatkan indeks mialgik dan akupunktur menunjukkan perbaikan dalam skala analog visual nyeri.

Gejala terkait sakit kepala, kurang tidur dan kelelahan juga meningkat pada pasien yang menerima akupunktur. Berdasarkan studi ini, para peneliti merekomendasikan studi terkontrol di masa depan untuk mengkonfirmasi temuan ini.

Referensi :Acupuncture in adolescents with juvenile fibromyalgia. Marialda Hofling P. Dias, Elisabete Amaral, Hong Jin Pai, Daniela Terumi Y. Tsai, Ana Paola N. Lotito, Claudio Leone, Clovis Artur Silva. Ambulatório de Acupuntura da Unidade de Dor e Cuidados Paliativos e Unidade de Reumatologia Pediátrica do Instituto da Criança do Hospital das Clínicas da Faculdade de Medicina da Universidade de São Paulo, Brasil.