Manfaat Akupuntur Untuk Gagal Jantung Kongestif – Semua penyakit yang berhubungan dengan jantung memang sangat berbahaya. Salah satu penyakit yang menyerang bagian tubuh ini ialah Manfaat Akupuntur Untuk Gagal Jantung Kongestif. Ini terjadi ketika adanya kegagalan jantung untuk memompa pasokan darah ke seluruh bagian tubuh. Biasanya ini disebabkan karena adanya kelainan pada otot jantung yang membuat kinerjanya berkurang.

DIDUKUNG OLEH:

Gagal jantung ini bukan berarti jantung yang tidak lagi bekerja akan tetapi ketidakmampuan jantung untuk memompa darah untuk memenuhi kebutuhan darah pada tubuh. Ada tiga tipe penyakit gagal jantung kongestif yakni gagal jantung kongestif kiri,  kanan dan campuran.

Diawal menderita gangguan ini, penderita akan merasakan tubuh yang cepat lelah, pembengkakan pada kaki, kenaikan berat badan hinga sering buang air kecil pada malam hari. Pada saat kondisi terus memburuk, maka akan mengalami denyut nadi tidak teratur, nafas berbunyi mengi, batuk-batuk, pingsan, tarikan nafas pendek dan sebagainya. Masalah ini harus segera untuk diatasi.

Manfaat Akupuntur Untuk Gagal Jantung Kongestif

Terapi akupuntur dipercaya dapat meningkatkan efektivitas obat-obatan yang berguna untuk mengatasi jantung kongestif. Para peneliti dari Affiliated Hospital of Yanbian University (Yanji, China) melakukan penelitian untuk dua kelompok yakni kelompok kontrol dan akupuntur. Satu kelompok menerima obat farmakologis standar dan suntikan herbal Sheng Mai San dan yang lainnya menerima rejimen pengobatan yang sama ditambah penambahan perawatan akupunktur.

Kelompok yang tidak menerima akupunktur memiliki tingkat efektif total 86,7%. Kelompok yang menerima akupunktur memiliki tingkat efektif total 93,3%. Pasien diberi resep digitalis, diuretik, dan vasodilator tergantung pada kebutuhan individu. Semua pasien di kedua kelompok menerima cairan intravena Sheng Mai, terdiri dari Sheng Mai San dalam larutan dekstrosa. Untuk titik akupunturnya berada di:

  • Neiguan (PC6)
  • Gongsun (SP4)
  • Shenmen (HT7)
  • Zusanli (ST36)
  • Sanyinjiao (SP6)
  • Auricular: Heart, Sympathetic, Shenmen
  • For patients with a diagnosis of phlegm obstruction: Fenglong (ST40)
  • For patients with blood stasis: Xuehai (SP10)
  • For patients with qi stagnation: Taichong (LV3)