Manfaat Akupuntur Untuk Gangguan Pendengaran – Pendengaran menjadi bagian yang begitu penting pada tubuh manusia. Perannya berfungsi untuk menangkap berbagai suara dari luar untuk kemudian dicerna. Semua orang membutuhkan pendengaran yang baik agar bisa berkomunikasi dengan lancar. Maka tidak heran, jika seseorang mengalami gangguan pendengaran akan kesulitan ketika berkomunikasi.

DIDUKUNG OLEH:

Gangguan pendengaran ini bisa dialami oleh siapapun, baik orang tua maupun anak muda. Karena penyebabnya bisa karena faktor usia, bisa juga disebabkan akibat kerap terkena suara keras. Beberapa orang yang mengalami gangguan pendengaran akan sering meminta orang untuk mengulangi apa yang baru saja dikatakan. Mereka juga akan kurang peka terhadap suara-suara yang muncul di dekatnya.

Penyebab dari gangguan pendengaran ini beragam, mulai dari karena faktor usia. Kemudian terkena suara yang begitu keras, akibat infeksi pada organ telinga, hingga faktor konsumsi obat-obatan. Masalah ini ternyata memiliki solusi penyembuhannya, yakni menggunakan terapi akupuntur. Terapi ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit gangguan pendengaran manusia.

Manfaat Akupuntur Untuk Gangguan Pendengaran

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Clinical and Experimental Medicine, akupuntur ternyata dapat meningkatkan pendengaran manusia. Khususnya untuk mereka yang sedang mengalami gangguan pada pendengarannya. Dalam penelitian ini menemukan bahwa akupuntur efektif untuk pengobatan tuli yang berkaitan dengan saraf. Sensorineural merupakan tuli yang berhubungan dengan kerusakan saraf pendengaran.

Untuk lebih maksimalnya, akupuntur memang perlu digabungkan dengan obat herbal untuk mempercepat penyembuhan. Jika dibandingkan, akupuntur ternyata jauh lebih baik dibandingkan dengan obat-obatan yang digunakan pada pengobatan konvensional. Maka tidak heran jika sampai saat ini, akupuntur banyak dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya ganguan pendengaran ini.

Berikut adalah titik-titik akupuntur yang digunakan dalam penyembuhan gangguan pendegaran. TB17 (Yifeng), GB2 (Tinghui), SJ21 (Ermen), SI19 (Tinggong), LU7 (Lieque), GB43 (Xiaxi), SJ3 (Zhongzhu), LR3 (Taichong), GB40 (Qiuxu). Agar pengobatan ini dirasakan dengan maksimal, pasien harus ditangani oleh ahli. Karena terapi akupuntur memang bukan pengobatan yang umum dilakukan banyak orang.