Manfaat Akupuntur Untuk Melindungi Dari Fibrosis Hati – Kesehatan hati menjadi begitu penting bagi manusia. Berbagai hal perlu jaga agar tidak membuat masalah pada hati. Salah satu masalah yang sering terjadi pada bagian tubuh ini adalah fibrosis. Fibrosis hati merupakan jenis hepatitis atau radang yang terjadi di bagian hati. Ini bisa membuat hati tidak bekerja dengan baik.

DIDUKUNG OLEH:

Hati memiliki fungsi yang begitu besar bagi tubuh. Mulai dari pelindung dan mesin pembuangan racun. Jika hati dalam kondisi yang sehat, racun-racun yang masuk ke dalam tubuh akan dibasmi. Kemudian juga menjadi pabrik serba guna dimana hatii menjadi tujuan akhir dari sel darah merah. Sel darah merah ketika berusia 120 hari akan menuju ke hati dan langsung meleburkan diri karena sudah tidak berfungsi dengan baik lagi.

Selain itu juga berfungsi untuk pengatur lalu lintas tuuh seperti mengawasi kadar kolesterol darah, mengolah hingga memproduksi. Kemudian juga berguna sebagai pengolah vitamin dan imunitas tubuh. Untuk itu jangan sampai mengalami fibrosis hati.

Manfaat Akupuntur Untuk Melindungi Dari Fibrosis Hati

Sebuah studi baru-baru ini menyimpulkan bahwa akupunktur secara signifikan mengurangi fibrosis hati. Sebuah studi tentang karbon tetraklorida diinduksi fibrosis hati pada tikus laboratorium yang diukur respons terhadap pengobatan akupunktur. Kelompok akupunktur menerima akupunktur di LR3 (Taichong), LR14 (Qimen), UB18 (Ganshu), dan ST36 (Zusanli).

Kelompok kontrol menerima akupunktur palsu, penggunaan titik non-akupunktur. Titik akupunktur palsu terletak 0,5 cm di sebelah kiri setiap titik nyata yang digunakan dalam kelompok akupunktur. Tidak ada perubahan signifikan yang diukur untuk kelompok pura-pura sedangkan kelompok akupunktur yang benar menunjukkan temuan hepatoprotektif yang signifikan.

Kelompok akupunktur dan kontrol menerima perawatan akupunktur tiga kali per minggu selama tiga minggu diikuti oleh dua kali per minggu selama tiga minggu tambahan. Kelompok akupunktur menunjukkan perbaikan yang signifikan dari cedera hati setelah pemeriksaan pengaturan hepatosit, nekrosis dan pembentukan pseudo-lobular hati. Tingkat ekspresi protein MMP-9 dari sel induk hematopoietik (HSC) “sangat diregulasi dalam kelompok akupunktur” dibandingkan dengan kelompok palsu.

MMP-9 (matrix metallopeptidase) adalah enzim yang memecah matriks ekstraseluler dan terlibat dalam remodeling jaringan. Juga, kelompok akupunktur menunjukkan perubahan signifikan tambahan yang terkait dengan pengurangan fibrosis hati termasuk perubahan kolagen, protein fibronektin, TIMP-1 (penghambat jaringan metalloproteinases), asam serum hialuronat dan laminin, dan beberapa sekresi endogen lainnya.