Manfaat Akupuntur Untuk Mengatasi Diabetes – Penyakit diabetes memang sudah umum diketahui masyarakat luas. Semua orang tentu tidak ingin menderita penyakit ini, karena memang hidupnya akan mengalami pengurangan produktivitas. Diabetes merupakan kondisi dimana seseorang memiliki kadar gula darah yang tinggi. Memang glukosa ini memiliki peranna penting yakni sebagai sumber energi untuk sel pada tubuh manusia.

DIDUKUNG OLEH:

Glukosa yang berlebihan nantinya tidak dapat diserap dengan baik oleh sel tubuh. Hal ini membuat penyakit diabetes ini muncul dan menganggu kehidupan pasien. Maka dari itu, sangat disarankan untuk menjaga betul asupan glukosa yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga kebutuhan untul sel tubuh tetap terjaga dengan tidak kelebihan.

Beberapa orang yang mengalami diabetes biasanya akan merasa sering haus, masa otot yang berkurang, lemas, pandangan kabur dan sebagainya. Ada banyak gejala lain yang akan dirasakan oleh penderita diabetes. Yang jelas, pasien akan merasa kesulitan untuk menjalankan aktivitasnya setiap hari. Khususnya untuk pasien yang sudah level kronis. Di bawah ini akan dijelaskan bagaimana akupuntur bermanfaat untuk pasien diabetes.

Manfaat Akupuntur Untuk Mengatasi Diabetes

Sebuah penelitian belum lama ini melakukan pengujian akupuntur. Untuk memastikan bahwa memang bermanfaat untuk penyakit ini. Hasilnya, ternyata benar yakni akupuntur bisa menurunkan kadar glukosa darah yang meningkat terkait obesitas dan diabetes. Hal ini perlu diapresiasi, dimana terapi alternatif ternyata efektif.

Dalam eksperimen laboratorium menggunakan tikus diabetes dan obesitas yang kemudian dilakukan akupunrur dan diterapkan pada Zhongwan (CV12) dan Guanyuan (CV4). Ada dua kelompok dalam penelitian ini, dimana kelompok pertama tidak menerima akupuntur. Sedangkan kelompok lain menerima akupunktur di Zusanli (ST36). Hasilnya, kelompok yang menerima akupuntur menunjukan perubahan yang signifikan. Khususnya dalam penumpasan penyakit diabetes.

Para peneliti menyimpulkan bahwa akupuntur yang diterapkan pada CV4 dan CV12 efektif dalam menurunkan BG dasar (glukosa darah) dan memodulasi perubahan dalam BG. Titik akupunktur ini terletak di garis tengah, tiga cun di bawah umbilikus.Pengobatan ini memang bukan instan, karena perlu proses yang tidak sebentar untuk mengetahui hasilnya.