Manfaat Akupuntur Untuk Mengatasi Mata Kering – Mata menjadi bagian tubuh yang begitu penting karena berguna untuk melihat keadaan sekitar. Dengan mata yang sehat membuat seseorang bisa melakukan aktivitas dengan lancar. Namun, bagian tubuh yang satu ini juga sangat rawan mengalami masalah, salah satunya mata kering. Mata kering merupakan kondisi dimana mata kurang mendapat pelumasan yang cukup dari air mata.

Penderita mata kering akan merasa tidak nyaman. Karena memang akan sulit untuk mengeluarkan debu yang menempel pada mata. Penderita mata kering akan mengalami beberapa gejala mulai dari mata merah. Kemudian mata yang terasa panas, merasa kering, penglihatan yang menjadi buram, merasa cepat lelah ketika melihat hingga kesulitan ketika membuka mata.

Mata kering biasanya disebabkan karena produksi air matanya yang berkurang. Hal ini disebabkan karena usia yang semakin menua, diabetes, lupus, kekurangan vitamin A dan gangguan pada hormon tiroid. Selain itu juga disebabkan oleh air mata yang cepat menguap. Kemudian karena komposisi air mata yang tidak seimbang.

Manfaat Akupuntur Untuk Mengatasi Mata Kering

Akupuntur menjadi terapi pengobatan alternatif yang memiliki banyak khasiat. Salah satunya untuk menyembuhkan mata kering yang kerap dialami seseorang. Akupunktur bermanfaat bagi pasien dengan mata kering. Akupunktur berhasil meningkatkan parameter meniskus air mata yang dikurangi secara abnormal termasuk ketinggian meniskus air mata, kedalaman meniskus air mata, dan daerah meniskus air mata.

Telah dilakukan penelitian mengenai keefektifan akupuntur untuk menyembuhkan penyakit mata kering. Dalam penelitian ini melibatkan 96 pasien mata kering. Ada 44 pasien yang mendapatkan perawatan akupuntur, dan 52 pasien hanya mendapatkan perawatan biasa tanpa akupuntur. Kelompok akupunktur menerima perawatan akupunktur tiga kali per minggu selama empat minggu dengan total 12 perawatan akupunktur per pasien.

Berikut adalah titik akupuntur yang berguna untuk mengatasi gejala mata kering. Jingming (BL1) Cuanzhu (BL2) Yangbai (GB14) Sizhukong (SJ23) Taiyang (Extra1) Sibai (ST2) Hegu (LI4) Taichong (LR3) Guangming (GB37) Sanyinjiao (SP6) Fengchi (GB20. Jika Anda mengalami masalah ini, bisa coba dengan akupuntur.