Manfaat Akupuntur Untuk Mengatasi Penyakit Gatal Kulit – Meski dibilang sepele, penyakit gatal kulit rupanya tetap menjengkelkan jika diderita. Salah satu jenis penyakitnya ialah biduran yang kemunculannya ditandai dengan adnaya bentolan berwarna merah dan munculnya rasa gatal. Penyakit ini bisa saja timbul di beberapa bagian tubuh sekaligus, dan diderita secara tiba-tba. Biasanya ukuran bentolan ini berbeda-beda disetiap penderita, dan nantinya bisa hilang sendiri jika mengkonsumsi obat yang sesuai.

DIDUKUNG OLEH:

Akan tetapi beberapa pasien sulit untuk sembuh dari penyakit ini. Bisa sampai beberapa minggu tidak bisa kunjung hilang. Penyakit kulit biasanya disebabkan oleh reaksi alergi terhadap benda atau zat. Zat histamin yang ada pada benda atau zat ini menjadi penyebab munculnya gejala gatal pada kulit ini. Penyebab lain diantaranya seperti stress, perubahan suhu panas, infeksi atau penyakit lain seperti tiroid dan kanker.

Penyakit yang satu ini harus segera untuk diatasi. Karena memang akan merepotkan jika tidak kunjung sembuh. Salah satu pengobatannya dengan menggunakan teknk terapi akupuntur.

Manfaat Akupuntur Untuk Mengatasi Penyakit Gatal Kulit

Akupuntur dipercaya dapat mengungguli kemapuhan obat dalam upaya penyembuhan penyakit gatal kulit. Dalam penelitian di First Affiliated Hospital of Heilongjiang University of Chinese Medicine, akupunktur plus moksibusi menghasilkan tingkat efektif total 89,66%. Terapi obat menggunakan loratadine (antihistamin) menghasilkan tingkat efektif total 72,41%. Hasilnya diukur dengan skor keparahan urtikaria, indeks kualitas hidup, dan kadar serum bioindikator pada penyelesaian semua perawatan medis.

Para peneliti menyimpulkan bahwa akupunktur yang dikombinasikan dengan moksibusi lebih efektif daripada terapi obat baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Sebanyak 58 pasien dengan urtikaria kronis dirawat dan dievaluasi dalam penelitian ini. Semua pasien didiagnosis menderita urtikaria kronis. Mereka secara acak dibagi menjadi kelompok akupunktur plus moksibusi dan kelompok obat, dengan 29 pasien di setiap kelompok.

Kelompok akupunktur plus moksibusi menerima akupunktur tubuh yang dikombinasikan dengan moksibusi jahe. Untuk pasien kelompok obat, satu tablet loratadine 10 mg (nama merek: Claritin, Allerclear) diberikan kepada pasien setiap hari. Perawatan obat berlangsung selama empat minggu. Dalam penelitian ini, titik akupuntur yang digunakan berada di :

  • LI11 (Quchi)
  • GB20 (Fengchi)
  • LI4 (Hegu)
  • CV17 (Danzhong)
  • ST25 (Tianshu)
  • LV3 (Taichong)
  • SP10 (Xuehai)
  • ST36 (Zusanli)
  • SP6 (Sanyinjiao)