Manfaat Akupuntur Untuk Mengobati Penyakit Parkinson – Mungkin belum banyak orang yang paham dengan penyakit Parkinson. Penyakit ini memang masih awam didengar oleh masyarakat Indonesia kebanyakan. Penyakit Parkinson merupakan penyakit yang menyerang bagian syaraf manusia. Seseorang yang mengalami penyakit ini akan mengalami kondisi yang memburuk. Selain itu juga fungsi otaknya akan berukurang sekaligus pada gerakan tubuhnya.

DIDUKUNG OLEH:

Pasien yang menderita penyakit ini akan merasakan kesulitan aktivitas yang amat berarti. Mereka akan sulit untuk bergerak, berjalan, berbicara bahkan menulis. Berbagai aktivitas yang harusnya bisa dikerjakan dnegan mudah, menjadi sangat sulit. Sekilas penyakit ini memang mirip dengan stoke karena membuat pasiennya kesulitan untuk bergerak. Maka dari itu, seseorang yang mengalami masalah ini harus ditangani segera. Agar nantinya tidak berlarut dan membuat pasien tidak bisa bergerak total.

Penyakit Parkinson ini dikategorikan mejadi 5 stadium. Dimana stadium 1, pasien masih bisa melakukan aktivitas dengan normal. Sampai dengan stadium 5 dimana penderita sama sekali tidak bisa menggerakan tubuh ataupun berbicara.

Manfaat Akupuntur Untuk Mengobati Penyakit Parkinson

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa akupuntur memiliki efek antioksidan untuk pengobatan penyakit Parkinson. Dalam penelitian itu menunjukan bahwa 100 Hz electroacupuncture yang diterapkan pada titik akupunktur St36 (ZuSanLi) dan Sp6 (SanYinJiao) memiliki efek neuroprotektif pada otak karena electroacupuncture adalah antioksidan. Dalam penelitian ini melibatkan Xibin Liang, seorang peneliti dari Departemen Neurologi dan Ilmu Neurologis di Stanford University yang berlokasi di Palo Alto, California.

Elektroakupuntur dapat melindungi fungsi kerja otak tengah yang biasa disebut dengan substantia nigra. Substansi nigra adalah bagian penting otak dalam mengendalikan gerakan. Maka dari itu, beberapa pihak mengatakan bahwa penyakit Parkinson disebabkan oleh kerusakan neuron dopaminergik di bagian otak tengah yang disebut substantia nigra pars compacta.

Elekroakupuntur menjadi salah satu metode terapi akupuntur yang ampuh. Berbagai penyakit lain sebenarnya bisa disebuhkan dengan terapi ini. Asalkan memang dilakukan bersama dengan pratisi akupuntur yang sudah berpengalaman. Sehingga nantinya hasil bisa maksimal dirasakan oleh pasien.