Manfaat Akupuntur Untuk Pasien Dinosmia – Salah satu indra yang dimiliki oleh manusia adalah indra penciuman. Sesuai dengan namanya, indra ini memiliki fungsi sebagai pencium untuk mengetahui bau yang timbul disekitarnya. Beberapa orang mengalami masalah pada indra penciumannya, atau biasa disebut dengan dinosmia. Penyakit ini merupakan sebuah gangguan yang terjadi pada indra penciuman manusia.

DIDUKUNG OLEH:

Ada tiga keluhan yang biasanya akan dialami oleh penderita gangguan indra penciuman. Mulai dari parosmia, anomsia hingga phantosmia. Seringkali orang yang mengalami masalah ini juga akan merasakan masalah pada indra perasanya. Penyebab masalah ini beragam, seperti sedang mengalami gangguan saluran pernapasan atas. Kemudian akibat terkena zat kimia, cedera pada area indra penciuman dan lainnya.

Seorang yang mengalami dinosmia akan merasakan aroma tertentu seperti aroma lain, kondisi ini termasuk keluhan parosmia. Pasien yang tidak bisa sama sekali menghidu termasuk ke dalam anosmia. Kemudian merasakan suatu aroma namun tidak ada sumber dari aroma tersebut, masuk ke gejala phantosmia.

Manfaat Akupuntur Untuk Pasien Dinosmia

Dalam sebuah penelitian, akupuntur memang bermanfaat untuk penderita disfungsi indra penciuman atau disosmia. Penelitian yang dilakukan oleh Tianjin University of Traditional Chinese Medicine melibatkan sepuluh pasien. Hasilnya, 90% menunjukan hasil yang positif dan mengurangi masalah ini pada pasien. Terdapat dua pasien yang benar-benar pulih, tiga pasien mendapatkan hasil positif, empat pasien merasakan penyembuhan yang baik dan satu pasien tidak mengalami perbaikan apapun.

Dalam penelitian itu, pasien mendapatkan akupuntur menggunakan jarum merek Hua Tuo 0,25 x 40 mm. Titik akupunktur primer diterapkan pada semua pasien dan titik akupunktur sekunder diterapkan berdasarkan diagnostik diferensial. Akupuntur yang diberikan kepada pasien sebanyak 21 kali setiap pasiennya.

Titik akupuntur utamanya berada di Baihui, DU20 Shangxing, DU23 Yingxiang, LI20 Shanyingxiang Tongtian, BL7 Fengchi, GB20 Hegu, LI4. Proses terapi akupuntur ini perlu dilakukan dengan baik. Asalkan dilakukan oleh praktisi akupuntur yang berpengalaman, semua akan baik-baik saja. Karena memang akupuntur tidak memiliki efek samping berbahaya untuk semua pasien.