Manfaat Akupuntur Untuk Penyakit Asma – Pernapasan menjadi bagian yang paling sering mengalami masalah kesehatan. Salah satunya penyakit asma yang sering menyerang organ pernapasan manusia. Penyakit ini ditandai dengan munculnya peradangan dan penyempitan saluran pernapasan. Penderita akan merasakan sesak dan sulit untuk bernapas. Gejala lain yang bisa muncul diantaranya nyeri dada, batuk dan mengi.

DIDUKUNG OLEH:

Penyebab asma memang masih belum jelas. Akan tetapi ada beberapa faktor yang membuat penyakit asma mudah untuk menyerang seseorang. Faktor tersebut seperti debu, rokok, udara yang dingin hingga infeksi virus. Maka dari itu seseorang harus berhati-hati mengenai hal apapun yang berhubungan dengan pernapasan. Banyak dampak yang bisa dirasakan oleh penderita asma.

Beberapa masalah yang akan muncul ketika menderita asma. Mulai dari pneumonia, gagal pernapasan, tubuh mudah lelah, ganguan psikologi hingga yang paling bahaya, kematian. Asma merupakan penyakit yang cukup berbahaya. Maka dari itu harus dilakukan pencegahan bahkan pengobatan serius untuk mengatasi penyakit ini. Jangan sampai berlarut karena akan lebih berbahaya.

Manfaat Akupuntur Untuk Penyakit Asma

Banyak penelitian yang mencoba untuk mengetahui keefektidan akupuntur. Dalam sebuah penelitian, para peneliti menemukan akupunktur efektif untuk mengurangi serangan asma akut. Akupuntur yang dikombinasikan dengan moksibusi dapat meningkatkan penyembuhan asma sebesar 18,75%. Dalam penelitian ini melibatkan dua kelompok berbeda dalam kondisi yang sama.

Kelompok pertama menerima terapi obat, yang terdiri dari obat-obatan farmasi antiinflamasi dan antispasmodik. Sementara kelompok kedua menerima terapi Pengobatan Tradisional Cina (TCM) (akupunktur dan moksibusi). Kelompok terapi obat mencapai tingkat efektif total 79,17% dan kelompok terapi obat TCM plus mencapai tingkat efektif total 97,92%.

Titik-titik acupoint yang digunakan adalah sebagai berikut: CV22 (Tiantu) Dingchuan (Ekstra). Kelompok pengobatan TCM mengungguli kelompok hanya obat di semua parameter. Para peneliti menyimpulkan bahwa akupunktur plus moksibusi meningkatkan tingkat hasil positif bagi pasien yang menderita serangan asma akut. Sehingga, terapi alternatif ini bisa menjadi opsi pengobatan yang ampuh. Jika ingin mencoba terapi ini, lakukan dengan praktifi yang sudah berpengalaman.