Manfaat Akupuntur Untuk Peradangan Panggul – Radang panggul terjadi karena danya infeksi pada baian reporoduksi wanita seperti ramih, serviks hingga ovarium. Dalam dunia medis, istilah radang panggul disebut dengan pelvic inflammatory disease (PID). Infeksi ini bisa disebkan oleh infeksi menular seksual. Sehingga sering menyerang orang-orang yang masih berusia muda.

DIDUKUNG OLEH:

Penyakit ini bisa menyerang wanita yang berusia antara 15 sampai dengan 25 tahun yang masih aktif berhubungan seksual. Ketika menderita penyakit ini, orang akan merasakan nyeri pada bagian panggul ataupun panggul bagian bawah. Penyebabnya juga beragam, mulai dari sering berganti pasangan saat berhubungan seksual. Kerusakan pada serviks, berhubungan tanpa menggunakan kondom san masih banyak lagi.

Penyakit ini akan menimbulkan beberapa gejala yang akan dirasakan oleh penderita. Mulai dari nyeri saat buang air kecil, rasa nyeri muncul di bagian panggul, saat berhubungan seksual juga terasa nyeri. Kemudian juga akan merasa mual sampai muntah, demam hingga kelelahan yang lebih cepat. Masalah ini harus cepat diatasi, salah satunya dengan menggunakan terapi akupuntur.

Manfaat Akupuntur Untuk Peradangan Panggul

Dalam sebuah penelitian, para peneliti mengungkapkan bahwa akupunktur efektif untuk pengobatan penyakit radang panggul kronis (PID). Dalam penelitian ini sebanyak 70 pasien wanita secara acak mendapatkan perawatan dengan dibagi menjadi dua kelompok dan hasilnya dibandingkan. Hasilnya akan diperoleh setelah semuanya mendapatkan perawatan.

Kelompok 1 menerima akupunktur dan kelompok 2 menerima Fu Ke Qian Jin Pian untuk asupan oral. Kelompok yang menerima akupunktur memiliki tingkat efektif sampai dengan 91,43% dan kelompok obat herbal Fu Ke Qian Jin Pian memiliki tingkat efektif hanya 74,29%. Penyakit ini seringkali diobati dengan antibiotik sampai dengan pembedahan jika sudah masuk kategori kronis. Dengan kata lain, akupuntur jauh lebih aman dan efisien untuk mengobati radang panggul.

Dalam penelitian ini, ada beberapa titik akupuntur yang digunakan. Seperti Guanyuan (CV4) Zhongji (CV3) Zigong (extra point) Xuehai (SP10) Sanyinjiao (SP6) Tianshu (ST25). Beberapa titik ini menjadi pusat akupuntur untuk mengatasi radang panggul yang banyak dikeluhkan orang.