Manfaat Akupuntur Untuk Sindrom Distres Postprandial – Akupuntur menghasilkan tingkat respons dan eliminasi yang meningkat untuk semua gejala utama. Khususnya pada pasien dengan sindrom distres postprandial (PDS). Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan secara online 12 Mei di Annals of Internal Medicine.

Jing-Wen Yang, M.D., Ph.D., dari Universitas Pengobatan Cina Beijing, dan rekannya meneliti kemanjuran akupuntur  pada 278 pasien Tiongkok berusia 18 hingga 65 tahun dengan PDS. Pasien secara acak diberikan 12 sesi akupuntur selama empat minggu; 228 pasien menyelesaikan hasil pada minggu 16. Dua hasil utama dinilai: tingkat respons berdasarkan efek pengobatan secara keseluruhan. Dan tingkat eliminasi dari tiga gejala utama, kepenuhan postprandial, perut bagian atas kembung, dan rasa kenyang dini.

Akupuntur memang sejak dulu dipercaya dapat mengatasi berbagai macam penyakit. Pengobatan alternatif asal China ini sudah digunakan ribuan tahun yang lalu. Sampai saat ini, banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan terapi ini karena minimnya efek samping. Salah satu manfaatnya untuk pasien yang mengalami sindrom distres postprandial .

Manfaat Akupuntur Untuk Sindrom Distres Postprandial

Para peneliti menemukan bahwa pada minggu ke-4, perkiraan tingkat respons dari model campuran linier umum masing-masing adalah 83,0 dan 51,6 persen pada kelompok akupuntur dan akupuntur palsu (perbedaan, 31,4 poin persentase; interval kepercayaan 95 persen, 20,3 hingga 42,5 poin persentase; P <0,001).

Perkiraan tingkat eliminasi dari ketiga gejala utama adalah 27,8 berbanding 17,3 persen pada kelompok akupuntur (perbedaan, 10,5 poin persentase; interval kepercayaan 95 persen, 0,08 hingga 20,9 poin persentase P = 0,034). Selama 12 minggu pasca perawatan tindak lanjut, kemanjuran akupuntur dipertahankan. Tidak ada efek samping serius yang dilaporkan. Efek samping yang sangat minim menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang tertarik dengan terapi pengobatan ini. Pasien tidak perlu khawatir asalkan ditangani oleh praktisi berpengalaman.

Akupuntur memang telah menarik perhatian banyak praktisi kesehatan. Tak sedikit juga yang kemudian melakukan penelitian tentang kemanjurannya. Jika Anda mengalami masalah sindrom distres postprandial atau masalah lain. Akupuntur bisa menjadi solusi yang tepat. Lakukan perawatan yang rutin agar hasilnya benar-benar dirasakan. Anda bisa menjalani terapi ke praktisi yang berpengalaman.