Manfaat akupuntur untuk xerostomia, kondisi ini berkaitan dengan keadaan mulut yang kering kronis. Kondisi ini merupakan suatu tanda adanya gangguan kesehatan pada tubuh.

Manfaat Akupuntur Untuk Xerostomia

Xerostomia atau mulut kering terjadi karena adanya gangguan pada fungsi kelenjar ludah. Gangguan ini mempengaruhi pada produksi ludah yang ada di mulut dan menyebabkan mulut menjadi kering.

Kondisi ini memang sepele tapi jika terus dirasakan secara berulang, hal ini perlu diatasi segera. Xerostomia lebih sering terjadi pada perempuan dan biasa terjadi saat lansia.

DIDUKUNG OLEH:

Gejala yang umum terjadi ketika terkena penyakit ini adalah:

– Bibir pecah
– Napas yang tidak sedap
– Muncul luka di bagian mulut
– Lengket dan kering di bagian lidah dan mulut
– Sulit menelan dan mengunyah makanan

Penyakit ini disebabkan karena pengaruh obat tertentu, atau kondisi medis tertentu. Adanya gangguan psikologis dan dehidrasi juga bisa menyebabkan xerostomia. Penderita kanker dan diabetes juga bisa mengalami hal ini.

Xerostomia juga bisa muncul pada pasien yang memakai gigi tiruan. Untuk mengatasi masalah ini, salah satu metode pengobatan Cina yaitu akupuntur bisa dijadikan sebagai alternatif pengobatan yang aman.

Terapi akupuntur dapat membantu laju saliva dengan menstimulasi titik tertentu yang ada di bagian wajah. Titik akupuntur yang biasa digunakan untuk atasi xerostomia adalah:

1. Jiache atau ST6
2. Daying atau ST5
3. Tinggong atau SI19
4. Xiaguan atau ST7
5. Chengjiang atau REN24

Selain akupuntur, xerostomia juga bisa diobati tergantung dari penyebabnya. Jika disebabkan karena konsumsi obat tertentu, Anda perlu konsultasi pada dokter terkait hal tersebut.

Selain itu, pemberian obat untuk merangsang produksi air liur juga bisa diberikan oleh dokter. Namun, terapi akupuntur diklaim lebih aman dilakukan dibanding harus mengkonsumsi obat.

BACA JUGA  Mendiagnosis Pasien Lewat Pijatan Ala Dr He Shuhua

Adapun langkah pencegahan yang bisa dilakukan agar tidak terkena xerostomia adalah:

– Menghindari minuman berkafein
– Menjaga pola makan
– Mengkonsumsi air putih
– Berhenti merokok
– Menghindari minuman bergula tinggi dan berkarbonasi
– Menghindari minuman yang mengandung alkohol
– Menjaga kebersihan bagian mulut

Cara di atas bisa Anda lakukan untuk terhindar dari kondisi mulut kering dan juga menjaga kesehatan tubuh. Pepatah mengatakan, lebih baik mencegah daripada mengobati.