Manfaat akupuntur untuk atasi berbagai masalah kesehatan sudah dipercaya di berbagai lapisan masyarakat. Bahkan, karena keefektifannya ini, terapi asal Cina ini sudah dikenal di berbagai negara.

Manfaat Akupuntur Untuk Atasi Syok Kardiovaskular

Terapi akupuntur digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan, bahkan terapi ini diklaim bisa digunakan bagi pasien pasca operasi. Benarkah demikian?

Prosedur pembiusan atau anestesi merupakan hal penting yang biasa dilakukan saat akan dioperasi. Namun, anestesi bisa menimbulkan efek samping pada tubuh berupa syok kardiovaskular.

DIDUKUNG OLEH:

Lalu, bagaimana cara meminimalisir efek samping dari anestesi tersebut? Menurut penelitian, akupuntur diklaim bisa digunakan untuk mengatasi masalah syok kardiovaskular akibat dari anestesi.

Sebuah penelitian telah dilakukan pada seekor anjing, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh akupuntur pada anestesi terhadap sistem kardiovaskular.

Penelitian ini dilakukan pada 5 ekor anjing betina, tahap penelitian pun dibagi menjadi 2, yaitu tahap aklimatisasi dan tahap penelitian. Berikut penjelasan kedua tahap tersebut.

Tahap aklimatisasi dilakukan selama 1 minggu dan dilakukan dengan menggunakan ivermectin sebagai anti endoparasit dan anti ektoparasit. Pengambilan darah dan pemeriksaan fisik juga dilakukan setelah seminggu tahap ini dilakukan.

Sedangkan tahap penelitian adalah ketika anjing dipuasakan selama 8 sampai 12 jam, diberikan atropin sulfas sebagai proses premedikasi dan juga prosedur pembiusan.

Penelitian pun dilakukan dengan membagi hewan menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama dengan kombinasi ketamin xylazin tanpa akupuntur, sedangkan kelompok kedua menggunakan akupuntur.

Dari hasil penelitian tersebut, kelompok kedua lebih menunjukkan hasil, yaitu adanya peningkatan pada semua parameter pemeriksaan fisik. Kelompok pertama yang tidak menggunakan akupuntur malah mendapatkan hasil sebaliknya.

Kelompok pertama tanpa menggunakan kombinasi akupuntur malah mengalami penurunan di setiap parameter pemeriksaan fisik. Jadi, peran akupuntur memengaruhi kondisi ini.

BACA JUGA  Akupuntur Wajah Lebih Aman Dibandingkan Yang Lain?

Tes lain pun dilakukan hingga akhirnya mengumpulkan kesimpulan bahwa akupuntur memiliki manfaat yang bagus untuk atasi syok kardiovaskular yang merupakan efek samping dari proses pembiusan.

Terapi asal Cina ini juga harus dilakukan dengan ahlinya, tidak boleh dilakukan dengan sembarang orang. Hal ini untuk mengurangi kekhawatiran yang terjadi selama menjalani terapi pengobatan.