Manfaat Akupuntur yang Menenangkan untuk Bayi – Akupunktur dapat membantu bayi yang terlalu sering menangis. Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Acupuncture in Medicine. Bayi dengan kolik akan menangis lebih dari tiga jam sehari dan tiga hari seminggu akan memiliki gejala yang lebih sedikit setelah mendapatkan teknik tusuk jarum tradisional China dibandingkan dengan pengobatan standar.

Kebanyakan penelitian akupuntur pada manusia dilakukan pada orang dewasa. Dan penelitian telah membuktikan praktik tersebut dengan berkurangnya rasa sakit, peningkatan fungsi pencernaan, dan peningkatan ketenangan. Untuk mengetahui apakah mungkin membantu mengatasi tangisan berlebihan pada bayi, peneliti melibatkan 147 bayi sehat berusia antara dua dan delapan minggu yang semuanya telah didiagnosis menderita sakit perut.

Manfaat Akupuntur yang Menenangkan untuk Bayi

Bayi dan keluarganya dimasukkan ke dalam salah satu dari tiga kelompok, dan mereka mengunjungi pusat kesehatan anak dua kali seminggu selama dua minggu. Orang tua di ketiga kelompok berbicara dengan perawat tentang gejala anak mereka, dan dua kelompok juga menerima akupuntur.

DIDUKUNG OLEH:

Beberapa pasien diberikan akupuntur minimal standar di LI4, sebuah titik di tangan antara jari telunjuk dan ibu jari, selama 2 sampai 5 detik. Kelompok kedua menerima akupuntur di lima lokasi di tangan dan kaki, hingga 30 detik dengan stimulasi ringan.

Semua orang tua membuat catatan harian tentang berapa banyak waktu yang dihabiskan bayi menangis di rumah. Setelah dua minggu, ketiga kelompok menangis lebih sedikit sesuai hasil yang diharapkan, kata para peneliti, karena kolik pada akhirnya cenderung hilang dengan sendirinya.

Tetapi pengurangan tangisan lebih besar pada kedua kelompok akupuntur dibandingkan pada kelompok pengobatan standar dan menunjukkan pemulihan yang lebih cepat. Selama minggu kedua percobaan, hanya 16 bayi dalam kelompok akupuntur standar dan 21 bayi dalam kelompok khusus yang masih memenuhi kriteria kolik, dibandingkan dengan 31 bayi dalam kelompok pengobatan standar, sumber time.com.

BACA JUGA  Hindari Serangan Jantung, Ini Cara Aman Melancarkan Pembuluh Darah

Hasilnya juga menunjukkan bahwa akupuntur dapat memiliki dampak yang bertahan lama. Enam hari setelah kunjungan klinik terakhir, perbedaan antara kelompok akupuntur dan non-akupuntur tetap ada. Secara keseluruhan, tidak ada perbedaan yang berarti antara hasil pada kedua kelompok akupuntur.