Habbatussauda atau yang lebih akrab dikenal yaitu jintan hitam, sejak dulu sudah digunakan sebagai obat tradisional untuk kesehatan. Tidak hanya biji jintan, minyak dari tanaman ini pun bisa dimanfaatkan sebagai obat.

DIDUKUNG OLEH:

Manfaat jintan hitam untuk kesehatan sudah dipercaya sejak dulu dan terkadang tanaman ini bisa dijadikan campuran bahan dalam berbagai produk seperti shampo atau pasta gigi.

Manfaat Jintan Hitam

Berikut ini manfaat dari jintan hitam untuk kesehatan, yaitu :

a. Mengatasi Masalah Obesitas

Mengkonsumsi minyak dari jintan hitam bisa digunakan untuk atasi masalah kelebihan berat badan. Bahkan, sebuah penelitian mengatakan bahwa biji jintan hitam efektif untuk mengurangi indeks masa tubuh.

b. Kanker

Kandungan thymoquinone dalam minyak jintan hitam bisa membunuh sel yang ada di dalam sel kanker, termasuk kanker otak, payudara dan leukimia.

c. Rematik

Penggunaan minyak jintan telah terbukti dapat mengurangi gejala rematik yang muncul.

d. Baik untuk Sperma

Minyak jintan hitam bermanfaat pula untuk meningkatkan jumlah sperma dan meningkatkan gerakan sperma.

e. Untuk Kecantikan Kulit

Penderita eksim bisa memanfaatkan jintan hitam untuk mengatasi masalah tersebut. Selain itu, minyak dari jintan ini bisa juga untuk mengatasi masalah jerawat dan masalah pada kulit lainnya.

f. Meredakan Gejala Alergi pada Saluran Pernapasan

Minyak dari jintan efektif meredakan alergi atu masalah yang ada pada saluran pernapasan seperti hidung berair, penyumbatan pada hidung dan lain-lain.

g. Mengendalikan Gejala pada Asma

Menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi suplemen jintan hitam efektif untuk mengendalikan gejala pada penderita asma.

Efek Samping Jintan Hitam

Dosis penggunaan jintan hitam belum ditentukan berapa sebaiknya takaran yang dibutuhkan. Oleh karena itu, beberapa hal yang dikhawatirkan jika penggunaan bahan ini secara berlebihan adalah :

– Berpengaruh pada organ hati dan ginjal
– Pengaruh pada wanita hamil
– Interaksi dengan obat

Jadi, manfaat jintan hitam untuk kesehatan memang cukup banyak dan sudah dipercaya sejak dulu bahwa penggunaannya berefek baik pada kesehatan. Namun, hal ini tentu saja harus digunakan dengan bijak dan tidak berlebihan agar tidak muncul efek samping yang tidak diinginkan.