Manfaat Kayu Bajakah Sebagai Obat Herbal untuk Kesehatan

Salah satu obat herbal yang sedang populer saat ini adalah Kayu Bajakah. Masyarakat Kalimantan, terutama suku Dayak, sejak dahulu menggunakan manfaat kayu bajakah sebagai obat herbal untuk kesehatan.

Bagi masyarakat Dayak, Kayu Bajakah bermanfaat untuk mengembalikan stamina saat beraktifitas di hutan, juga digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Manfaat Kayu Bajakah untuk Kesehatan Tubuh

Tanaman bajakah memiliki nama ilmiah Spatholobus littoralis Hassk dan merupakan salah satu tumbuhan yang dimanfaatkan oleh masyarakat adat di pedalaman Kalimantan sebagai obat herbal tradisional. Berikut adalah beberapa manfaat Kayu Bajakah untuk kesehatan.

1. Menurunkan risiko penyakit kanker

Kanker adalah penyakit yang mengakibatkan sel-sel menjadi abnormal dan membelah tak terkendali sehingga menghancurkan jaringan tubuh. Kayu bajakah mampu menurunkan risiko penyakit kanker karena mengandung fenolik yang berfungsi sebagai antioksidan. Fenolik mudah diserap melalui dinding saluran usus sehingga bermanfaat bagi kesehatan manusia karena potensi antioksidannya.

Antioksidan bekerja dengan cara melacak radikal bebas dan menetralkan efek berbahaya sehingga membantu menjaga sel-sel tubuh tetap sehat dan menurunkan risiko penyakit kanker.

2. Mencegah diabetes

Kandungan flavonoid dalam tanaman bajakah juga dapat mencegah diabetes. Diabetes adalah kondisi di mana tubuh tidak dapat memproses makanan dengan baik untuk digunakan sebagai energi. Flavonoid bekerja mencegah diabetes dan komplikasinya melalui regulasi metabolisme glukosa, aktivitas enzim hati, dan profil lipid.

3. Menjaga tubuh dari penyakit kronis

Bajakah mengandung senyawa flavonoid yang membantu tubuh mengatur aktivitas sel dan melawan radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif pada tubuh Anda. Dalam istilah yang lebih sederhana, flavonoid membantu tubuh Anda berfungsi lebih efisien sekaligus melindunginya dari racun dan stres sehari-hari.

BACA JUGA  Bagaimana Akupuntur Bekerja untuk Hewan Peliharaan ?

Flavonoid juga merupakan agen antioksidan kuat. Antioksidan tersebut dapat mencegah perkembangan penyakit kronis seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, kanker, dan penyakit kognitif seperti Alzheimer dan demensia.

4. Mempercepat penyembuhan pada luka

Senyawa tanin adalah salah satu senyawa yang ditemukan dalam tanaman bajakah. Tanin berfungsi untuk menghilangkan mikroba berbahaya dari tubuh serta melawan bakteri, virus, dan jamur berbahaya dengan cara mempercepat pembekuan darah sehingga mempercepat penyembuhan pada luka.

5. Mencegah obesitas

Sebuah studi oleh Vany Novanty dkk. Yang dipublikasikan dalam jurnal Neurologico Spinale Medico Chirurgico menunjukkan bahwa pemberian ekstrak kayu bajakah tampala efektif menurunkan kadar ROS, berat lemak visceral, dan berat badan pada tikus Wistar jantan yang mengalami obesitas.

Reactive oxygen species (ROS) berfungsi sebagai molekul yang memberi sinyal pada sel untuk melakukan proses biologis normal. Tingkat ROS yang tinggi berkaitan erat dengan obesitas. Mengonsumsi ekstrak batang bajakah mampu mencegah obesitas.

6. Mencegah penyakit artritis

Artritis adalah kondisi peradangan pada sendi yang menyebabkan nyeri dan kekakuan yang dapat memburuk seiring bertambahnya usia. Salah satu kandungan dalam kayu bajakah adalah tanin yaitu zat kimia kompleks yang berasal dari asam fenolik.

Fungsi tanin adalah melawan peradangan dan mengurangi rasa sakit akibat asam urat, artritis, atau kondisi peradangan lainnya.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kayu bajakah mengandung saponin, yaitu senyawa kimia glikosida aktif yang terdapat dalam berbagai macam tumbuhan, biji-bijian dan sayuran. Saponin memiliki kemampuan untuk memodulasi sistem kekebalan yang dimediasi oleh sel serta meningkatkan produksi antibodi.

Cara Mengonsumsi Kayu Bajakah

Potong kayu bajakah dan rebus dalam air hingga mendidih. Potongan tersebut dapat digunakan sampai dua kali pemakaian. Namun, penggunaan potongan kayu bajakah pertama tidak boleh disimpan dalam lemari pendingin.

BACA JUGA  Terapi Akupuntur Untuk Lansia, Amankah Dilakukan?

Potongan bajakah disarankan disimpan pada tempat bersuhu ruangan normal dan bersih. Demikian pembahasan mengenai manfaat kayu bajakah sebagai obat herbal untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat. [AB]

TERBARU

Mengenal Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST), Terapi Baru yang Dikembangkan dari Gua Sha atau Kerokan

Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST) adalah teknik penyembuhan yang...

Nepal Merintis Diplomasi Herbal, Bagaimana Bisa?

Gaya hidup yang paham teknologi saat ini membuat kita...

Menyehatkan Kulit hingga Pencernaan, Mari Simak Manfaat dari Bunga yang Dapat Dimakan ini

Montana Honeylion, pendiri Warrior Peak Botanicals, memiliki minat yang...

Kerokan, Metode Pengobatan Tradisional yang Sudah Berusia 2.000 Tahun

Kerokan adalah salah satu terapi yang jamak dilakukan ketika...

Astaga! Kantor Dokter AS ini Salah Menagih Biaya Perangkat Akupuntur Setara Rp16 Miliar

Melansir laman Cleveland, Departemen Kehakiman AS mengumumkan bahwa sebuah...

Bagaimana Terapi Akupuntur Bisa Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anda?

Akupunktur adalah salah satu bentuk pengobatan dalam Traditional Chinese...

Jangan Gegabah, Suplemen ini Tak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Obat

Suplemen adalah produk nutrisi tambahan yang sering dikonsumsi oleh...

Kemenkes Imbau Masyarakat Waspada terhadap beberapa Penyakit Tropis ini

Kementerian Kesehatan RI menghimbau masyarakat agar waspada terhadap beberapa...

Jadi Paham, Ternyata Ini Perbedaan Jamu, Obat Herbal Terstandar dan Fitofarmaka

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki kekayaan sumber hayati...

Peneliti Israel Dapati bahwa Akupuntur Tiongkok Kurangi Rasa Sakit dan Kecemasan selama Bedah

Akupunktur China dapat membantu mengurangi rasa sakit dan kecemasan...

Mengenal Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST), Terapi Baru yang Dikembangkan dari Gua Sha atau Kerokan

Holographic Meridian Scraping Therapy (HMST) adalah teknik penyembuhan yang digunakan di Asia oleh para praktisi Pengobatan Tradisional Cina (TCM), baik di lingkungan klinis maupun...

Nepal Merintis Diplomasi Herbal, Bagaimana Bisa?

Gaya hidup yang paham teknologi saat ini membuat kita semakin terpisah dari alam. Namun, karena kita adalah bagian dari alam, kita tidak dapat bersembunyi...

Menyehatkan Kulit hingga Pencernaan, Mari Simak Manfaat dari Bunga yang Dapat Dimakan ini

Montana Honeylion, pendiri Warrior Peak Botanicals, memiliki minat yang kuat dalam kesehatan holistik sejak kecil. Ia mengonsumsi teh herbal yang dibuat oleh ibunya, yang...

Kerokan, Metode Pengobatan Tradisional yang Sudah Berusia 2.000 Tahun

Kerokan adalah salah satu terapi yang jamak dilakukan ketika seseorang mengalami masuk angin. Ternyata metode pengobatan tradisional ini sudah berumur lebih dari 2.000 tahun....

Astaga! Kantor Dokter AS ini Salah Menagih Biaya Perangkat Akupuntur Setara Rp16 Miliar

Melansir laman Cleveland, Departemen Kehakiman AS mengumumkan bahwa sebuah kantor dokter di Ohio yang sudah tidak beroperasi, Westlake, salah menagih Medicare sebesar $1,1 juta...

Bagaimana Terapi Akupuntur Bisa Meningkatkan Kualitas Kesehatan Anda?

Akupunktur adalah salah satu bentuk pengobatan dalam Traditional Chinese Medicine (TCM) yang berasal dari Cina dan memiliki sejarah yang sangat panjang, bahkan beberapa sumber...