Kulit merupakan bagian luar tubuh yang paling sensitif, apalagi kulit wajah. Oleh karena itu, untuk merawat kulit diperlukan kehati-hatian. Nah, agar kulit tampak lebih segar dan tetap terlihat awet muda maka perlu asupan nutrisi, seperti kolagen.

DIDUKUNG OLEH:

Apa itu Kolagen?

Secara bahasa kolagen berasal dari bahasa Yunani “Kolla” yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia artinya lem. Dikatakan demikian karena fungsinya yang seperti lem, yaitu merekatkan.

Sedangkan dalam dunia kesehatan kolagen adalah istilah untuk jenis protein berserat tak larut yang paling banyak ada dalam tubuh. Kolagen ada dalam tulang, kulit, urat, ligamen dan beberapa bagian tubuh lainnya.

Lalu apa saja sih manfaat kolagen terutama bagi kulit dan wajah?

Manfaat Kolagen untuk Kulit dan Wajah

Kolagen sangat berguna bagi kesehatan kulit dan wajah. Berikut adalah beberapa manfaat kolagen bagi kulit dan wajah:

1. Mengurangi Keriput dan Garis Halus

Keriput dan garis halus sering kali terjadi pada masa pubertas. Biasanya keriput atau garis halus timbul pada bagian-bagian tubuh yang sering bergerak. Misalnya, jidat dan pipi. Nah, salah satu peran kolagen di sini adalah mengurangi keriput dan garis-garis halus pada wajah yang mulai muncul saat pubertas.

Oleh karena, agar terhindar dari penuan dini maka perlu ketercukupan kolagen. Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen kolagen atau makanan-makanan sehat sebagai asupan tambahan.

2. Mengencangkan Kulit Wajah

Kulit yang kendor akan membuat tampilan seseorang terlihat lebih tua dan agak kurang menarik. Namun, dengan mencukupi kebutuhan kolagen dalam tubuh hal ini bisa diminimalisir. Karena pada dasarnya kandungan kolagen juga dapat mengencangkan kulit dan wajah.

3. Membuat Kulit Lebih Cerah

Di dalam kolagen terdapat kandungan asam amino yang dapat melindungi lapisan kulit. Sehingga, kulit lebih sehat dan nampak terlihat lebih cerah atau bercahaya.

4. Menyembuhkan Luka

Saat terjatuh atau saat terkena cacar dan jerawat umumnya akan meninggalkan bekas. Adanya kolagen berperan untuk memperbaiki dan membangun kembali jaring sel kulit. Sehingga, kulit bisa beregenerasi dan bekas luka bisa memudar.